Menkop UKM: 2,7 Juta UMKM Sudah Punya NIB

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki. Foto: Dok. KemenKopUKM.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenkopUKM)Teten Masduki mengatakan bahwa saat ini sebanyak 2,7 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tercatat sudah memiliki nomor induk berusaha (NIB). Hal itu terjadi berkat adanya program Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Garda Transfumi).

"Target kita tahun ini 2,5 juta UMKM mendapatkan NIB, hari ini sudah terlampaui ya, sekarang 2,7 juta sudah mendapatkan NIB. Dan, ini yang paling besar memang usaha mikro, 2,6 juta," kata Teten dalam acara Hari Apresiasi Garda Transfumi di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Teten menjelaskan, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta, tapi yang membutuhkan nomor induk berusaha hanya separuhnya.

Selain itu, berdasarkan data Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), estimasi jumlah UMKM yang membutuhkan sertifikasi halal juga sekitar 30 juta, namun butuh waktu yang cukup lama hingga 10 tahun untuk memenuhinya.

“Tahun depan kita coba genjot lagi dan metode kerjanya kita sempurnakan. Tahun ini KemenKopUKM akan punya data sekitar 10 juta UMKM by name by address yang usahanya menetap. Bukan lagi pedagang kaki lima yang berpindah-pindah. Mereka ini yang diprioritaskan untuk mendapat NIB, sertifikasi halal, izin edar, dan sebagainya,” ujarnya.

Data 10 juta UMKM tersebut, lanjut Teten, nantinya diserahkan ke dinas koperasi dan UKM daerah beserta dengan relawan Garda Transfumi untuk diberikan pendampingan dan akses mendapatkan NIB dan sertifikasi dalam berusaha.

“Jadi ada data 10 juta, kalau dihitung sekitar 10 menit bisa daftar OSS bisa dihitung berapa percepatannya,” tutur Teten.

Sementara itu, Deputi Bidang Usaha Mikro KemenKopUKM Yulius melaporkan, kinerja Relawan Garda Transfumi yang pada tahun ini telah mencapai 122.891 NIB, dan berhasil melakukan mentoring bisnis kepada 11.356 Usaha Mikro.

Capaian ini tercatat meningkat tujuh kali lipat dari tahun lalu yang hanya mencapai lebih dari 19.000 NIB.

Sebagai informasi, Garda Transfumi merupakan program kolaborasi antara Kemenkop UKM, Mercy Corp Indonesia, Micromentor, Asosiasi Geber UMKM dan asosiasi lainnya yang merekrut para relawan pendamping sebagai Garda Transfumi.

Para relawan Garda Transfumi mendampingi pelaku UMKM untuk dapat mengakses perizinan berusaha dalam hal ini nomor induk berusaha. Dengan pendampingan ini, pemerintah memberikan perlindungan dan kemudahan lewat akses legalitas usaha kepada pelaku usaha mikro. jk