Mentan RI Bersama Bupati Kediri Tanam Kelapa Genjah di Desa Kanyoran Kediri

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 09 Feb 2023 19:49 WIB

Mentan RI Bersama Bupati Kediri Tanam Kelapa Genjah di Desa Kanyoran Kediri

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) Republik Indonesia (RI) bersama Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana melakukan penanaman kelapa genjah yang diintegrasikan dengan jagung dan ternak kambing.

Untuk Kabupaten Kediri, Kementerian Pertanian (Kementan) mengalokasikan pengembangan program kelapa genjah 1 juta batang nasional tahun 2023 ini sebanyak 24.090 batang dengan klaster pekarangan dan kawasan, dari total Provinsi Jawa Timur 96.690 batang.

Baca Juga: Mas Dhito Sebut Batik Kediri Siap Masuk Kancah Nasional

"Hari ini saya bersama Bupati Kediri, mengoptimalisasi berbagai upaya meningkatkan produksi pertanian dalam situasi dan kondisi apapun. Oleh karena itu, dengan semangat yang serius dari Mas Bupati Kediri yang masih muda berbagai kebutuhan pangan negara kita, bisa dipenuhi dari Kediri," demikian dikatakan Mentan SYL pada penanaman kelapa genjah tersebut di Desa Kanyoran, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Kamis (9/2/2023).

Hal ini guna mengakselerasi pertumbuhan sektor pertanian Kabupaten Kediri sebagai bantalan ekonomi guna menghadapi situasi krisis pangan global.

"Bahkan pengembangan kedelai pun kita coba di Kediri. Dalam 100 hari kedepan kita cek hasilnya. Di Kediri sudah kita salurkan bantuan bibit kelapa genjah 22 ribu batang," jelasnya.

Lebih lanjut SYL menegaskan pengembangan kelapa genjah nasional merupakan program atas arahan Presiden Jokowi guna memperkuat perekonomian nasional dan masyarakat dalam menghadapi ancaman krisis pangan dunia.

Baca Juga: Firli Bahuri, Bantah Terima Uang dari Eks Menteri Pertanian

Sementara itu, Dirjen Perkebunan, Andi Nur Alam Syah menambahkan luas areal kelapa eksisting di Kabupaten Kediri 6.331 ha dan pengembangan kelapa genjah seluas 219 ha sebanyak 24.090 batang meliputi 60 persen di lahan pekarangan seluas 131,4 ha dan 40 persen di kawasan seluas 87,6 ha.

Hal ini untuk mendorong petani/pekebun saat menunggu kelapa berbuah pada umur 3 tahun, petani/pekebun mendapatkan penghasilan lain dari tanaman pangan yaitu jagung atau dari ternak kambing.

"Kegiatan ini bertujuan untuk ketahanan pangan dalam menghadapi krisis pangan dan menuju kemandirian pangan serta mengembalikan kejayaan Indonesia pada masa lalu yaitu Nyiur Melambai dengan Pohon Kelapa. Dan diharapkan output di masyarakat yaitu gula semut, kelapa segar sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat," tuturnya.

Baca Juga: Keroncong Svaranusa 2023, Mas Dhito Berharap Ekosistem Musik di Kediri Bisa Bertumbuh

Ditempat yang sama, Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana memberikan apresiasi kepada Menteri Pertanian SYL yang begitu besar perhatiannya pada pembangunan pertanian Kabupaten Kediri.

“Pak Menteri Pertanian adalah menteri yang luar biasa. Mengapa? ini pengalaman saya keliling datang ke berbagai menteri dan dirjen, tapi bantuanya belum tentu turun. Saya belum pernah datang ke Pak Menteri Pertanian, tapi bantuanya yang turun sangat banyak dan cepat. Mulai dari program korporasi sapi, bantuan kelapa genjah 22 ribu batang dan termasuk kopi," ungkapnya.

Pada kegiatan ini, Mentan SYL dan Bupati Kediri melakukan pertemuan dengan 200 petani/pekebun milenial. Juga memberikan bantuan kepada pemerintah Kabupaten Kediri berupa bibit dan mesin pengolahan komoditas perkebunan. can

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU