Obat Lianhua Qingwen, Laris Manis di Toko Obat China Surabaya

Salah satu toko obat China yang berada di Surabaya. SP/Arlana Byob

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Berdasarkan penelusuran Surabaya Pagi, obat yang diklaim bisa menyembuhkan orang dari terpapar virus Covid-19, yakni Lianhua Qingwen, masih ditemukan di beberapa toko obat China. Mulai dari obat Tjong Hwa Jalan Mayjend Sungkono, toko obat Wan Shou Tang di Jalan Panjang Jiwo, toko obat "Kusuma" di Jalan Kusuma Bangsa dan toko obat Sehat Utama di Jalan Undaan Kulon Surabaya. Obat ini laris manis. Ada produk lokal dan China.

 Dari tiga lokasi itu, obat Lianhua masih dijual bebas, meski oleh BPOM, izin  telah dicabut. Seorang  penjaga toko obat Tjong Hwa mengatakan, obat tersebut biasa dipakai untuk penderita covid-19 yang positif atau orang yang masih reaktif.

"(Obat) Ini sering dibeli orang-orang penderita Corona. Khan gejalanya demam, tenggorokan kering, batuk. Obat ini bisa untuk menyembuhkan dan mencegah Corona," ujar penjaga toko yang tidak mau menyebutkan namanya kepada Surabaya Pagi, Selasa kemarin (8/6/2021).

Ia mengakui obat ini sudah ada sejak awal masuknya covid-19 di Indonesia. Selain itu untuk harga juga sangat relatif, untuk  dua strip isi 24 capsulnya  di bandrol dengan harga Rp.75.000,- Dan  yang isi 36 capsul ia bandrol dengan harga Rp.80.000,-.

 

Cukup Banyak Peminat

Di tempat lain tim juga menemukan hal serupa, obat tersebut ternyata di jual juga oleh toko obat Wan Shou Tang. Toko obat tersebut berada di kawasan jalan Panjang Jiwo Permai.

Karyawan toko Wan Shou Tang menjelaskan, obat anti Corona ini sudah ia jual lama dan sudah cukup banyak peminatnya.

"Obat ini untuk radang, untuk batuk, untuk anti corona. Harganya Rp 65.000,- satu box isi 2 strip isi 24 capsul" terangnya secara singkat.

Bahkan, menurut pengakuan penjaga toko di Wan Shou Tang, Lianhua juga ada yang produk lokal, selain impor  China. "Yang bagus itu asli China, ada barcodenya, dan tulisan chinese, mas,"  lanjutnya.

Senada juga di sampaikan beberapa pegawai toko "Kusuma" dan toko Sehat Mulia. Mereka rata-rata sudah menjual obat Lianhua jauh sebelum ada Corona. "Obat Lianhua ini sudah lama dijual disini mas. Sebelum corona malah. Keampuhannya untuk batuk-batuk, demam dan tenggorokan kering," jelas penjaga toko Sehat Mulia. byb