Peringati HUT Bhayangkara ke-75

Polres Jember Gandeng Dua Organisasi Penyandang Disabilitas

Kegiatan sambut HUT Bhayangkara ke-75 oleh Polres Jember dengan menggandeng dua organisasi penyandang disabilitas. SP/Dik

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Polres Jember peringati HUT Bhayangkara ke-75 secara daring di gedung bhayangkara Jl. PB Sudirman rabu (30/6/2020) dengan jumlah peserta terbatas mengingat masih dalam suasana pandemi.

Kegiatan itu lebih menarik karena menggandeng dua organisasi penyandang disabilitas yaitu Persatuan Penyandang Disabilitas & Center Advokasi (PERPENCA) dan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Jember. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat “Dari Disabilitas Untuk Polisi Indonesia”.

Kabag Ren Polres Jember, Kompol Sugeng Cahyadi, menyampaikan, kerjasama Polres Jember dengan para disabilitas sebagai event organizer ini adalah bentuk kepedulian Polri khususnya dan Polres Jember kepada kaum disabilitas. “Dengan menggelar kegiatan semacam ini harapannya kedepan akan tercipta kesetaraan dengan disabilitas.” Jelasnya.

Ia menambahkan. Bentuk apresiasi kepada kaum disabilitas dalam rangka peringatan HUT Bhayangkara ke 75 ini diwujudkan dalam sejumlah kegiatan lomba, seperti lomba bercerita/mendongeng, lomba membaca puisi, lomba menggambar/melukis dan lomba ketangkasan motor roda 3. Selain itu juga diberikan SIM D secara gratis kepada 20 disabilitas.

“Mungkin ini satu-satunya di Indonesia, para disabilitas mengaplikasikan keterampilannya (broadcasting) sehingga berlangsung acara ini, mereka (disabilitas) adalah aset bangsa, hak dan status mereka sama, terbukti mereka telah banyak mengikuti event-event, baik tingkat daerah atau Nasional, Hal ini yang diapresiasi oleh Polri,"katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kasatlantas Polres Jember, AKP Jimmy H Manurung mengatakan, sebelumnya pihaknya telah melakukan seleksi terhadap 20 disabilitas yang mendaftar untuk mendapat SIM D. Dari 20 orang tersebut semuanya dinyatakan memenuhi kualifikasi untuk untuk memperoleh SIM D.

Lebih lanjut Jimmy menerangkan, SIM D adalah SIM khusus yang diberikan untuk orang yang memiliki keterbatasan fisik, dan kendaraan yang dikendarai juga kendaraan dengan spesifikasi khusus, biasanya memiliki roda 3.  

Sementara itu Perwakilan Disabilitas, Asrorul Mais menyampaikan, kegiatan ini adalah kesempatan luar biasa yang diberikan kepada disabilitas untuk mempersembahkan karya terbaik kepada Polisi Indonesia. “Seluruh pengisi acara dan talent dalam rangkaian acara peringatan HUT Bhayangkara ke 75 yang digelar kali ini berasal dari disabilitas.” terangnya.

Menurut pria yang menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat Perpenca  Jember ini, acara ini  adalah sebuah momen yang bisa ditularkan ke instansi-instansi lain untuk merangkul dan memberikan kesempatan yang sama sekaligus untuk menggelorakan program inklusi. dik