Singapura: Awas! Mie Sedaap, Diduga Ada Etilen Oksidanya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 06 Okt 2022 21:15 WIB

Singapura: Awas! Mie Sedaap, Diduga Ada Etilen Oksidanya

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Saat ini sedang gencar Promo Mie Sedaap Selection 1 Set ( Korean Spicy Soup + Korean Spicy). Juga promosi di beberapa toko online. Narasinya, Mie Sedaap Selection Korean Spicy Chicken dan Korean Spicy Soup memiliki tekstur mie yang menyerupai tekstur mie instan Korea, yakni tebal dan kenyal. Selain itu, varian ini juga menjadi varian mie instan pertama yang tingkat pedasnya bisa diatur sesuai selera.

Tapi Badan Pangan Singapura (SFA) malah menarik dua varian Mie Sedaap dari peredaran. Penarikan produk dilakukan pada Kamis (6/10/2022). Ini karena terindikasi mengandung pestisida jenis etilen oksida.

Penarikan varian Mie Sedaap di pasar luar negeri ini sebelumnya juga dilakukan Center for Foods Safety (CFS) Hong Kong. CFS juga melakukan penarikan serupa karena temuan etilen oksida.

 

Etilen Oksida Berbahaya

Badan internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) mengklasifikasikan bahwa bahan kimia berbahaya etilen oksida sebagai karsinogenik. Bukti terbaru oleh Environmental Protection Agency (EPA) mengungkapkan bahwa paparan etilen oksida melalui inhalasi dapat meningkatkan potensi risiko pengembangan kanker limfohematopoietik. Contohnya seperti leukemia limfositik, mieloma, dan limfoma non-hodgkin.

Dinyatakan Gas etilen oksida adalah zat berbahaya yang digunakan dalam produksi etilen glikol yang digunakan dalam berbagai produk. Misalnya obat-obatan, busa poliuretan, perekat, deterjen, tekstil, anti beku, dan pelarut.

SFA kini memerintahkan Sheng Sheng F&B Industries untuk menarik dua varian Mie Sedaap, yatu Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken. Proses penarikan sedang berlangsung saat ini.

Produk Mie Sedaap Korean Spicy Soup yang ditarik adalah produk dengan masa kadaluwarsa 17 Maret 2023. Sementara Mie Sedaap Korean Spicy Chicken yang ditarik berlaku untuk yang masa kadaluwarsanya 21 Mei 2023.

Penarikan Mie Sedaap Korean Spicy Soup berlaku untuk produk dengan masa kedaluwarsa 17 Maret 2023. Sementara, penarikan Mie Sedaap Korean Spicy Chicken berlaku untuk produk dengan masa kedaluwarsa 21 Mei 2023.

"Etilen oksida adalah pestisida yang dilarang digunakan dalam makanan," kata SFA dalam keterangan tertulis, dilansir dari CNA, Kamis (6/10/2022).

 

Strerilisasi Rempah-rempah

Di Singapura penggunaan etilen oksida hanya diizinkan untuk sterilisasi rempah-rempah. Batas residu (MRL) pun diatur tidak boleh lebih dari 50 mg/kg.

SFA hanya mendeteksi kandungan etilen oksida pada produk Mie Sedaap dari sekeranjang barang yang disurvei. Badan itu akan terus melakukan pengetesan untuk produk Mie Sedaap lainnya.

SFA juga bekerja sama dengan importir dan otoritas Indonesia untuk menyelidiki dan memperbaiki penyebab kontaminasi etilen oksida.

Jika etilen oksida terdeteksi melampaui tingkat maksimum yang ditentukan, badan tersebut akan memulai penarikan produk yang terkena dampak sebagai tindakan pencegahan. n cna/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU