Warga Panik, Banjir Terjang 4 Kecamatan di Pasuruan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 15 Feb 2021 11:05 WIB

Warga Panik, Banjir Terjang 4 Kecamatan di Pasuruan

i

Salah satu acara di salah satu Kecamatan di Kabupaten Pasuruan. SP/ DECOM

SURABAYAPAGI.com, Pasuruan - Banjir yang menerjang sejumlah desa di 4 Kecamatan Bangil, Rejoso, Grati dan Winongan, Kabupaten Pasuruan membuat banyak warga panik dan akhirnya mengungsi.

Salah satu banjir di Kecamatan Bangil terjadi di Kelurahan Kalirejo, Kelurahan Kalianyar, dan Desa Manaruwi. Banjir akibat luberan Sungai Kedunglarangan melalui tanggul yang jebol beberapa waktu. Tanggul yang jebol hanya dipasang bronjong sehingga tak mampu menahan debit air yang tinggi.

Baca Juga: 16 Titik di Kota Malang Terendam Banjir

Menurut Plt Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Ridwan Harris mengatakan bahwa, Banjir di Bangil sempat mencapai 60-70 cm dan di beberapa lokasi air masuk ke rumah warga. Namun pagi ini mulai surut.

"Semalam sempat ada yang mengungsi karena trauma banjir (bandang) tanggal 3 sekaligus antisipasi, namun pagi ini sudah kembali ke rumah masing-masing," katanya, Senin (15/2/2021).

Sementara di Kecamatan Rejoso, terutama di Desa Sadengrejo, banjir bahkan sempat mencapai 2 meter.

Baca Juga: Pemkot Batu Kirim Bantuan untuk Korban Banjir di Jateng

"Semalam ketinggian banjir 1-2 meter. Pagi ini surut, hanya di sekitar balai desa tinggal 50-70 senti meter," ujar Hudan Dardiri, warga Desa Sadengrejo.

Selain melanda wilayah kabupaten, banjir juga sempat merendam jalan-jalan di Kota Pasuruan. Menurut Kepala BPBD Kota Pasuruan Samsul Hadi, banjir lokal akibat gorong-gorong tak mampu menampung debit air.

Baca Juga: Polda Jatim Berangkatkan 50.789 Paket Bantuan Kemanusiaan

"Pagi ini sudah surut, banjir lokal dari gorong-gorong," terang Samsul. Dsy10

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU