Polres Blitar Gelar Kesiapan Pengaman Ekstra Ketat

Kompol Himawan.memberikan paparan Pengaman lewat simulasi TFG.Les

SURABAYAPAGI.COM, Blitar- Antisipasi peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir akhir ini di wilayah jajaran Polda Jawa Timur yang di timbulkan.oleh sekelompok Organesasi, Polres Blitar melakukan persiapan pengamanan ekstra ketat.

Hal itu ditengarai Polres Blitar menggelar Simulasi pengamanan dengan menggunakan TFG (Tactical Floor Game) di ruang Aula Hugeng Iman Santoso Polres Blitar yang di ikuti Jajaran Forpimda Kab.Blitar (Jumat 14/8) yang di saksikan langsung AKBP.T.Ilyas selaku ketuaTeam Supervisi dari Polda Jawa Tmur, menurut Waka Polres Blitar Kompol Himawan S.H S.IK mewakili Kapolres Blitar AKBP.Ahmad Fanani Eko Prasetya S.IK, dengan di gelarnya simulasi pengamanan dalam rangka pengesahan anggota baru PSHT ini akan di trapkan pada pelaksanaan Pengesahan Anggota baru persatuan Silat PSHT pada hari Kamis (20/8) di hari, sedang pesetanya dari berbagai Daerah yakni dari Kab.Tulungagung..Kab,/Kota Kediri, Trenggalek serta Kab.Malang tak ketinggalan dari Wil.Kab/Kota Blitar.

"Pengamanan ini merupakan pengamanan yang perlu Ekstra, karena acara Pengesahan Anggota PSHT yang baru, untuk itu hari ini, kita mnggelar simulasi TFG,sshingga jelas akur alur atau Pos Pos yang kita lakukan pengamanan termasuk dalam Area pengesahan Anggota PSHT yang bar," terang Kompol Himawan sebelum giat simulasi TFG di mulai.

Masih menurut Kompol Himawan, pengamanan difokuskan pada pelaksanasn pengesahan anggota Baru PSHT di Halaman Kantor Pemkab Blitar yang lama ( tengah Kota) PSHT selain pada jalur jalur kedatangan para peserta. Perlu diketahui setiap satu tahun sekali tepatnya menjelang Bulan Selo (Bulan Jawa) perguruan silat PSHT melakukan pengesahan anggotanya yang baru untuk masuk menjadi anggota PSHT, pelantikan yang di gelar itu bertepatan pergeseran dari Bulan Stawal memasuki bulan Suro tepat di tengah malam (titik.00.00) tamggal 1 Suro dalam pengesahan tersebut dengan upacara adat, berupa selamatan dengan masakan Potongan Ayam (Ingkung Ayam) dengan nasi Gurih, karena pesertanya ribuan masa.

Untuk itulah Polres Blitar yang dibantu dari Satuan TNI dan Satpol.PP Pemkab.Blitar jauh hari melakukan koordinasi masalah ke amanan, untuk memberi gambaran situasi pengamanan. Maka pada Jumat (14/8) di gelar simulasi keamana dengan TFG.

"Karena menjelang pengesahan anggota PSHT yang baru, kita betul bètul melakukan penjagaan yang Ekstra sehingga peserta merasa aman dan lancar kegiatanya, juga sekaligus memberi rasa aman pada Masarakat di wilayah Kabupaten dan Kota Blitar,"katanya.

Di sisi lain Kapolres Blitar AKBP.Ahmad Fanani melalui Waka Polres Kompol Himawan, berpesan selain persiapan pengamanan Pengesahan anggota baru PSHT, sekaligus paparan persiapan keamanan jelang Pilkada serentak pada bulan Desember mendatang.

"Perintah Bapak Kapolres ini selain pengamanan Pengesahan anggota baru PSHT Bapak Kapolres menekankan harus betul betul persiapan yang matang, karena acaranya pada malam hari, juga kenyamanan Warga masarakat Kab.Blitar maupun Kota Blitar harus di perhatikan, juga Simulasi TFG ini mengawali persiapan rencana pengamanan pelaksanaan Pilkadà serentak termasuk Kabupatan dan Kota Blitar, karena tidak terpisahkan wilayahnya," pesan AKBP.Ahmad Fanani melalui Kompol Himawan.les