•   Rabu, 11 Desember 2019
Ekonomi China

Tarif Tersebut akan Menjadi Standar Baru

( words)
Max Baucus, Mantan Duta Besar Amerika untuk China


Perang dagang antara AS dengan China harus menelan kenyatan pahit, terutama bagi China dengan penerapan tarif baru terhadap barang barang China yang hendak memasuki AS. Tarif baru untuk barang barang China akan berlangsung untuk batas waktu yang belum ditentukan, kata seorang mantan duta besar Amerika Serikat pada Kamis (11/7).

"Saya terus terang percaya bahwa kita berada dalam standar baru di sini - tidak ada kemunduran, tidak ada peningkatan," kata Max Baucus, mantan senator Demokrat dari Montana yang ditunjuk sebagai duta besar pada pemerintahan Presiden Barack Obama.

"Mungkin Huawei mendapat pertolongan, (mungkin kita dapatkan) lebih banyak produk pertanian yang akan dibeli oleh China, produk A.S. yang dibeli oleh China - itu akan menjadi masalah," kata Baucusyang dikutip dari CNBC’s "Squawk Box"

Dilansir dari wawancara Baucus dengan CNBC, Komentar Baucus terucap setelah Wall Street Journal melaporkan pada hari Rabu bahwa Menteri Keuangan Steven Mnuchin mendesak pemasok Amerika Huawei untuk mencari lisensi untuk melanjutkan penjualan ke perusahaan telekomunikasi China. Laporan Journal mengutip orang-orang yang akrab dengan situasi tersebut.

Baucus menekankan perhatiannya pada Huawei dalam sengketa perdagangan yang lebih besar. Huawei telah dimasukkan ke dalam "Daftar Entitas" Departemen Perdagangan, yang dimana aturan tersebut melarang raksasa teknologi China tersebut membeli suku cadang dan komponen dari perusahaan Amerika tanpa persetujuan pemerintah AS.

"Kemungkinan kesepakatan sangat tergantung pada sejauh mana Huawei dapat membeli produk teknologi tinggi dari perusahaan Amerika," kata Baucus. "Saya pikir China akan mencermati hal itu."

"Cina menginginkan kesepakatan, Amerika menginginkan kesepakatan karena lebih baik kita memiliki semacam perjanjian, karena itu membantu kedua ekonomi," kata Baucus.

Presiden A.S. Donald Trump secara khusus menginginkan kesepakatan menjelang pemilihan umum pada tahun 2020, kata Baucus, karena kesepakatan kemungkinan akan mendorong saham lebih tinggi. Trump sering mengutip kekuatan pasar saham memiliki ukuran kinerja pemerintahannya.

"Untuk Trump, ini politik, itu bukan kebijakan. Dia ingin terpilih kembali, jadi dia akan mencoba untuk mendorong Cina untuk mencapai semacam kesepakatan dekat dengan pemilihan sehingga pasar saham mendapat dorongan, "kata Baucus.

Berita Populer