Idap Autoimun, Ashanty Pilih Vaksin Nusantara Bersama Anang Hermasyah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 18 Apr 2021 14:17 WIB

Idap Autoimun, Ashanty Pilih Vaksin Nusantara Bersama Anang Hermasyah

i

Ashanty dan Anang saat mendatangi RSPAD Gatot Soebroto guna menjalani pengambilan sampel darah. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Jakarta  - Vaksin Nusantara yang belum mengantongi izin Badan Pengelola Obat dan Makanan (BPOM) untuk dilakukan uji klinis, namun sudah mulai disuntikkan pada beberapa orang. Sejumlah tokoh dan politisi juga telah mengikuti rangkaian vaksinasi vaksin Nusantara. Seperti Gatot Nurmantyo, Sufmi Dasco Ahmad, dan Aburizal Bakrie.

Kali ini pasangan artis Anang Hermansyah dan Ashanty dikabarkan menjalani rangkaian vaksinasi vaksin Nusantara. Anang dan Ashanty sebelumnya sudah mendatangi RSPAD Gatot Soebroto guna menjalani pengambilan sampel darah.

Baca Juga: Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid Bakal Menikah, Anang dan Ashanty Beri Wejangan Ini

Hal tersebut diketahui lewat unggahan instastory milik Ashanty yang sedang berada di sebuah ruangan. Istri Anang Hermansyah ini menuliskan perihal vaksin tahap pertama, tetapi tak menjelaskan soal vaksin yang diterimanya. “Vaksin tahap 1, alhamdulilah,” tulis Ashanty dikutip, Minggu (18/4/2021).

Terlepas dari kontroversi uji klinis fase II yang tidak mengantongi izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), vaksin nusantara yang berbasis sel dendritik memang menawarkan kelebihan karena bersifat personalized.

Rekomendasi dokter terkait pemberian vaksin Covid-19, khususnya CoronaVac buatan Sinovac, pada pengidap autoimun sempat mengalami perubahan. Sebelumnya, rekomendasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) menyebut pengidap beberapa penyakit autoimun sistemin seperti Systemic Lupus Erythematosus (SLE) 'belum layak' untuk vaksinasi CoronaVac.

Baca Juga: Ashanty Bakal Boyong Semua Keluarga, Rencanakan Puasa dan Lebaran di Mekkah Tahun Ini

Namun rekomendasi ini berubah pada panduan terbaru. Dalam panduan terbaru yang dikeluarkan pada 18 Maret 2021, individu dengan penyakit autoimun layak untuk mendapat vaksinasi jika penyakitnya sudah dinyatakan stabil sesuai rekomendasi dokter yang merawat.

Kondisi lain yang juga mempersulit Ashanty untuk bisa mendapat vaksin CoronaVac adalah riwayat Covid-19 yang membuatnya sempat kritis beberapa waktu lalu. Meski saat ini Ashanty sudah sembuh, rekomendasi PAPDI mengharuskannya menunggu 3 bulan sebelum bisa mendapat vaksin CoronaVac. Dsy18

Baca Juga: Alami Sulit Tidur, Ashanty Jalani Ruqyah: Ada Jin hingga Terlintas Penampakan Sesuatu

 

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU