Brimob Polda Jatim Diterjunkan Guna Bantu Proses Pembersihan Material Longsor dan Evakuasi di Silo Jember

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 11 Nov 2022 10:17 WIB

Brimob Polda Jatim Diterjunkan Guna Bantu Proses Pembersihan Material Longsor dan Evakuasi di Silo Jember

i

Anggota Brimob Polda Jatim bersama personel Polsek Silo dan relawan membersihkan lumpur sisa longsor yang menutupi jalan dusun.

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Sebelumnya telah terjadi peristiwa tanah longsor di Afdeling Tanah Manis PTPN XII, Kebun Gunung Gumitir, Dusun Tanah Manis, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Jember. Pasca kejadian, anggota Brimob Polda Jawa Timur turun ke lapangan guna membantu proses pembersihan serta evakuasi.

Brimob Polda Jawa timur bersama jajaran Polsek Silo dan juga relawan saling bahu membahu untuk melakukan pembersihan terhadap material longsor. Selain membersihkan material longsor, pihak Kepolisian dibantu relawan juga membagikan sembako kepada korban terdampak.

Baca Juga: Polda Jatim Sidak Sejumlah SPBU di Surabaya

Peristiwa longsornya tebing setinggi 15 meter itu mengakibatkan rumah dinas karyawan Afdeling Tanah Manis rusak parah. Salah satunya adalah rumah yang terletak paling utara dan dihuni oleh Tije (70).

Kapolsek Silo AKP Tanto menjelaskan, pihak kepolisian dan juga relawan ketika melakukan pembersihan material sangat berhati-hati.

“Tebing yang tidak jauh dari rumah dinas karyawan kebun masih cukup rawan longsor susulan. Apalagi tebing juga mengeluarkan air. Berarti di atas ada sumber mata air yang bisa masuk ke sela-sela retakan tanah,” katanya.

AKP Tanto berpesan kepada seluruh karyawan yang menghuni rumah dinas agar berhati-hati dikarenakan tanahnya yang rawan longsor.

“Pada saat terjadi hujan yang cukup deras dan lama, harap segera meninggalkan rumah. Carilah tempat yang lebih aman dari longsor. Rata-rata rumah dinas yang ditempati karyawan ini berdekatan dengan tebing. Sementara di beberapa titik, sudah terlihat ada yang longsor,” jelas Tanto.

Baca Juga: Polda Jatim SP3 Kasus Penipuan Investasi, Ibu di Surabaya Kecewa Tak Dapat Keadilan

 Aiptu Ketut Sinta selaku Danton Gas Brimob menyatakan, Brimob Polda Jatim menerjunkan sepuluh personel untuk membersihkan material longsor. Hal tersebut dilatarbelakangi karena lokasinya yang rawan serta pembersihan baru dilaksanakan sebagian saja. Selain itu juga personel lain Brimob Polda Jatim juga sedang menjalankan tugas ke berbagai wilayah di Jawa Timur yang terdampak bencana.

“Material longsor dibersihkan bersama anggota TNI dan Polri yang ada di Silo, anggota Brimob di sini 10 orang dan yang lain ditugaskan di wilayah lainnya yang sedang terjadi bencana, ” katanya.

Asisten Afdeling Tanah Manis PTPN XII, Kebun Gunung Gumitir menyatakan, bahwa pihaknya hanya ingin melakukan upaya evakuasi terhadap para karyawan yang tempat tinggalnya terdampak longsor.

Baca Juga: 17.988 Personel Gabungan Diterjunkan Antisipasi Arus Mudik Lebaran

“Kami juga akan memperbaiki rumah dinas yang sudah tidak ditempati dan lokasinya aman,” ujarnya.

Terdapat dua lokasi yang rawan longsor dari puluh rumah dinas karyawan. Guna menghindari hal yang tak diinginkan kepada karyawan. Asisten Afdeling Tanah Manis PTPN XII menghimbau, kepada karyawan yang menghuni rumah dinas untuk pergi tatkala turun hujan dengan intensitas deras dalam jangka waktu lama.

“Bisa saja dulu numpang di rumah karyawan yang lebih aman,”tuturnya. fas

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU