NasDem: Penahanan Johnny G Plate, tak Bermuatan Politis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 17 Mei 2023 14:55 WIB

NasDem: Penahanan Johnny G Plate, tak Bermuatan Politis

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Bendahara Umum DPP Partai Nasdem Ahmad Sahroni yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR menilai, penetapan tersangka terhadap Menkominfo Johnny G Plate , tidak bermuatan politis.

Rabu tadi (17/5) Sekretaris Jenderal Partai Nasdem sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G dan infrastuktur pendukung 1, 2, 3, 4 dan 5 Bakti Kementerian Kominfo tahun 2020-2022 oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).
Penegasan Sahroni ini terkait Nasdem saat ini kerap diasumsikan jauh dari koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Pleno Nasdem Sepakat Usung Petahana Ning Ita pada Pilwali Kota Mojokerto 2024

Sahroni mengungkapkan bahwa partainya mengadakan pertemuan yang dipimpin oleh Ketua Umum Surya Paloh di Kantor DPP Nasdem, Nasdem Tower, Rabu (17/5/2023).

Pertemuan ini diadakan untuk membahas sikap Nasdem setelah Sekretaris Jenderal Partai Nasdem sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi.

"Saya baru ditelepon Ketua Umum (Surya Paloh) dan langsung ke DPP, tinggal tunggu arahan beliau," kata Sahroni ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (17/5).

Sahroni menyatakan, Nasdem akan mengikuti proses hukum yang ada pada kasus Johnny.

 

Sikapi Kasus Johhny
Ia menambahkan, dalam pertemuan nanti, kemungkinan Surya Paloh akan berbicara menyikapi kasus Johhny.

Baca Juga: Serius Maju Pilwali Kota Mojokerto, Ning Ita Melamar PDIP dan Nasdem

Di sisi lain, dia menambahkan, Nasdem bisa saja memberikan bantuan hukum terhadap Johnny dalam penyelesaian kasusnya. Akan tetapi, sikap itu perlu menunggu arahan dari Surya Paloh.
"Seperti biasa ya, waktu zaman Sekjen Pak Rio juga sama, kita tetap lakukan sesuatu yang memang menurut lita akan bantu, kita bantu. Tapi, saya tunggu arahan ketum," ungkapnya.

 

Rapat Mendadak
Merespons itu, DPP NasDem menggelar rapat mendadak bersama Ketua Umum NasDem, Surya Paloh.

"Barusan ditelepon Pak Surya," ucap Ketua DPP NasDem, Willy Aditya, saat ditemui usai menghadiri diskusi di UMJ, Tangerang Selatan, Rabu (17/5).

Baca Juga: Bagi-bagi Jatah Menteri, Sikap Gerindra Wajar Nasdem dan PKB di Kabinet

Willy, tadi berjalan terburu-buru meninggal diskusi terkait Pemilu yang juga dihadiri oleh politikus PDIP dan PKS, juga pengamat politik Siti Zuhro.

"Saya harus ke DPP dulu. Ya saya kan di sini ya, tentu harus koordinasi dengan Pak Surya dan DPP ini akan seperti apa sikap kita," ujarnya.

Willy enggan berspekulasi lebih jauh soal penahanan Sekjen NasDem itu, termasuk yang mengaitkan kasus ini dengan Pemilu 2024.
"Ya kita lihat lah nanti, kita enggak bisa berpraduga ya. Kita lihat ya, ranahnya hukum apa, ranahnya politik apa," kata Willy. (erc/rmc)

Editor : Raditya Mohammer Khadaffi

BERITA TERBARU