Hubungan India dan Afghanistan Menegang, Kemenlu India Hentikan Operasi Kedutaan Besarnya di Afghanistan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 01 Okt 2023 14:39 WIB

Hubungan India dan Afghanistan Menegang, Kemenlu India Hentikan Operasi Kedutaan Besarnya di Afghanistan

i

Bendera Nasional Afghanistan dan India di pos penjagaan, Kota Kabul.

SURABAYAPAGI.COM, New Delhi - Semenjak Taliban mengambil alih Afghanistan, hubungan antara India dan Afghanistan menegang. Adapun puncaknya Kementerian Luar Negeri India telah menghentikan operasi di kedutaan besarnya di Afghanistan. India juga menyatakan tidak mengakui pemerintahan Afghanistan saat ini yang dipimpin oleh Taliban.

Seperti diberitakan Associated Press, Minggu (10/10/2023), banyak diplomat Afghanistan yang meninggalkan kedutaan Afghanistan sejak Taliban mengambil alih kekuasaan dua tahun lalu. 

Baca Juga: Taliban Tembaki Warga yang Mau Kabur di Bandara Kabul

India akan mengikuti Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dalam memutuskan apakah akan mengakui rezim Taliban. 

India juga telah mengirimkan surat kepada Taliban meminta mereka untuk menghentikan operasi diplomatik, dengan mengatakan bahwa kedutaan Afghanistan tidak dapat menjalankan misinya. 

Baca Juga: Taliban Ancam Eksekusi Maziar Kouhyar

Adapun India sempat membantu Afghanistan pada tahun lalu dengan memasok gandum, obat-obatan, vaksin COVID-19, dan pakaian. Namun, dengan berkuasanya Taliban hubungan India dan Afghanistan menegang. 

Taliban sebelumnya mengambil alih kekuasaan di Afghanistan pada Agustus 2021. Mereka berhasil mengambil kendali pemerintahan setelah pasukan koalisi AS dan internasional mundur dari negara tersebut. Sejak itu, banyak negara belum mengakui pemerintahan baru Afghanistan. Ac

Baca Juga: Wali Kota Perempuan di Afganistan Pasrah Tunggu Dibunuh Taliban

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU