Home / Otomotif : Tren EV Makin Menjamur

Unittrack Oruga, Monotrack Listrik Pertama yang Kokoh di Berbagai Medan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 12 Mei 2024 10:25 WIB

Unittrack Oruga, Monotrack Listrik Pertama yang Kokoh di Berbagai Medan

i

Tampilan Unitrack Oruga, kendaraan listrik berkonsep monotrack yang dirancang serbaguna dan kokoh di berbagai medan hingga musim. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Era otomotif kian menjamur, salah satunya tren electric vehicle (EV) yang diperlihatkan oleh perusahaan asal Latvia melalui konsep monotrack listrik bernama Unittrack Oruga pertama di dunia yang dirancang serbaguna dan kokoh, serta diciptakan untuk digunakan di berbagai medan, musim, dan pengoperasian.

Sebetulnya ada banyak kendaraan monotrack. Tapi Oruga Unittrack punya pendekatan yang berbeda. Alih-laih menggunakan mesin konvensional, unit dari Latvia menggunakan powertrain listrik.

Baca Juga: Avanza-Xpander Masih Rajai Pasaran, LMPV Justru Anjlok 37,6 Persen

Kendaraan ini memiliki suspensi dan permukaan lintasan yang melengkung, memungkinkannya bersandar ke sudut, serta bermodel skala mesin ramah lingkungan. Ini memberikan gambaran mengenai tampilan Unitrack yang diharapkan. 

Lebih lanjut, keunikannya, meski menggunakan trek, ia memiliki dua set ban konvensional di setiap roda, membentuk celah di antara keduanya untuk gigi yang menghentikan trek agar tidak keluar dari tengah. Bannya mungkin, juga akan menambah bantalan, meskipun Unitrack memiliki suspensi pegas koil di kedua ujungnya.

Baca Juga: DFSK dan Seres Untung Cuan, Tembus Ratusan Unit Terjual

Meski terdapat setang, sepertinya digunakan untuk digantung dan sebagai tempat untuk meletakkan kendali dari pada memiliki kemampuan untuk menyetir. Permukaan lintasan yang melengkung berarti alat berat dapat disandarkan ke sudut, sehingga menggerakkan beban tubuh mungkin menjadi cara utama untuk berbelok. 

Namun, hingga kini belum ada detail mengenai tingkat tenaga motor listrik, jangkauan Unitrack, atau bobotnya. Terungkap dalam video di halaman Facebook Oruga dikutip pada Minggu (12/05/2024), menunjukkan kecepatan tertinggi tidak lebih dari sekitar 60 mph (100 kpj). Sementara jangkauannya antara 60 dan 120 mil (100 – 200 km), dan tenaga antara 100 dan 150kW (134 hp hingga 200 hp).

Baca Juga: Hadapi Dominasi China, Jepang dan ASEAN Duet Produksi Mobil Listrik

Disatu sisi, perusahaan tersebut berencana untuk membuat prototipe skala penuh pada akhir tahun ini dan bersiap untuk produksi pada 2025. jk-03/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU