Kejar Target Investasi Rp 100 Triliun di 2024, Otorita IKN Banyak Terima Surat Investasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 21 Mei 2024 14:57 WIB

Kejar Target Investasi Rp 100 Triliun di 2024, Otorita IKN Banyak Terima Surat Investasi

i

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan, perkembangan fisik pekerjaan infrastruktur dasar di proyek ibu kota negara, atau IKN Nusantara Tahap 1. SP/ Kementerian PUPR

SURABAYAPAGI.com, Kalimantan - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) baru-baru ini telah menggelar kerjasama dengan Indonesia Investment Authority (INA) untuk menggenjot realisasi investasi di IKN. Bahkan, kolaborasi bersama INA diharapkan bisa bantu mencapai target investasi di ibu kota baru senilai Rp 100 triliun pada 2024 ini. 

"Jadi memang kita menargetkan total investasi publik dan swasta di luar yang Kementerian PUPR, untuk hingga akhir tahun ini kira-kira Rp 100 triliun. Dengan groundbreaking dan beberapa kegiatan yang kita lakukan kemarin, itu sudah sampai kira-kira Rp 50 triliun," terang Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Selasa (21/05/2024).

Baca Juga: Badan Otorita IKN Sebut 70 Lebih Investor Swasta Sudah Antre Masuk RI

Lebih lanjut, Bambang menyebut pihaknya memang tengah berupaya untuk mengantongi sisa Rp 50 triliun pada semester II 2024. Misi itu sangat mungkin lantaran sejumlah proyek dengan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU) kini tengah berproses.

"Harapan kami mungkin dalam hitungan bulan kita akan bisa melihat beberapa investasi dengan skala yang lebih besar karena KPBU tadi," imbuh dia.

Baca Juga: Kepala Otorita IKN Pastikan Tak Akan Ada Ruang untuk Korupsi

Lalu, Bambang juga mengaku semakin banyak menerima surat minat investasi (letter of Intent/LoI) ke IKN Nusantara.

"Kalau kita melihat jumlah letter of intent kita sudah cukup banyak, 407. Tentu dari situ kita harapkan dengan sama-sama dengan teman-teman dari INA, kita bisa melihat dan lebih fokus mana yang akan kita coba benar-benar fasilitasi dengan baik," ungkapnya.

Baca Juga: Kepala Otorita IKN: 21 Negara Uni Eropa Tertarik Investasi di IKN Nusantara

Pada kesempatan sama, Ketua Dewan Direktur INA Ridha Wirakusumah turut menceritakan pengalaman pihaknya sukses menarik investor luar negeri, khususnya dalam sektor-sektor tertentu yang tengah digaungkan pemerintah.

"Terutama di empat bidang ya, infrastruktur, kesehatan, digital, dan juga renewable energy. Nah, dengan pengalaman kita, siapa tahu kami bisa membantu pembangunan Ibu Kota Negara dengan lebih cepat dan lebih baik," tuturnya. klm-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU