Home / Opini : ANALISA BERITA

Soal Tim Sinkronisasi Pemerintah, Pengamat: Kini Prabowo Tinggal Gaspol

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 02 Jun 2024 20:48 WIB

Soal Tim Sinkronisasi Pemerintah, Pengamat: Kini Prabowo Tinggal Gaspol

i

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menurut saya, pembentukan Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran merupakan upaya mempercepat proses sinkronisasi program di pemerintahan selanjutnya.

Jadi, Pas dilantik 20 Oktober Prabowo tinggal gaspol. Taktik ini sesuai dengan visi Prabowo-Gibran yang hendak melanjutkan program-program pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Tim Sinkronisasi Transisi Pemerintahan Hanya dari Partai Gerindra

Saya menilai, sepertinya sebagai upaya untuk mempercepat pemerintahan Prabowo di masa mendatang.

Tim sinkronisasi itu logika saya menyinkronkan program Jokowi dengan program Prabowo yang usung keberlanjutan.

Saya nilai, tim sinkronisasi tersebut dibuat untuk mematangkan persiapan Prabowo dan Gibran menuju era pemerintahannya. Dengan begitu, Prabowo dan Gibran dianggap tak perlu banyak melakukan penyesuaian usai dilantik.

Baca Juga: Anak Mantan Gubernur BI, Pimpin Sinkronisasi Pemerintahan Prabowo dengan Menkeu Sri Mulyani

Ini artinya, tim sinkronisasi dipersiapkan mematangkan segala persiapan Prabowo memerintah 5 tahun mendatang. Pas dilantik 20 Oktober Prabowo tinggal gaspol tak perlu lagi penyesuaian.

Menurut saya, tim transisi ini sebagai persiapan peralihan pemerintahan dari Jokowi ke Prabowo. Segala sesuatunya pasti dimatangkan agar segala sesuatunya tak mulai dari awal.

Baca Juga: Tommy Djiwandono, Tertawa Ditanya Calon Menkeu

Saya anggap langkah Prabowo sebagai presiden terpilih membentuk tim sinkronisasi itu bagus dalam rangka menyelaraskan kebijakan. Saya menilai Prabowo menghendaki pemerintahannya langsung tancap gas setelah masa jabatan Jokowi berakhir.

Ini sangat bagus untuk menyelaraskan kebijakan yang sudah dilakukan Jokowi dengan Prabowo, karena keduanya mengusung keberlanjutan. Dan pastinya ingin memastikan transisi pemerintahan mulus dan langsung tinggal landas. n rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU