Jalan Yos Sudarso di Kota Madiun Bakal Jadi Kawasan Wisata "Heritage"

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 03 Jun 2024 09:59 WIB

Jalan Yos Sudarso di Kota Madiun Bakal Jadi Kawasan Wisata "Heritage"

i

Ilustrasi. Salah satu destinasi miniatur patung Merlion di kawasan Pahlawan Street Center Kota Madiun. SP/ MDN

SURABAYAPAGI.com, Madiun - Dalam rangka mendukung pengembangan sektor pariwisata di daerah setempat, kali ini Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur kembali mengembangkan sektor destinasi wisata, dengan menjadikan Jalan Yos Sudarso sebagai kawasan wisata "heritage".

Nantinya, keberadaannya tersebut dapat mendukung kawasan wisata buatan Pahlawan Street Center (PSC) yang merupakan satu arah dengan Jalan Yos Sudarso Kota Madiun.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Disdag Kota Madiun Pantau Harga Bapok di Pasar Tradisional

Jalan Yos Sudarso rencananya dikembangkan sebagai kawasan kota lama. Yakni, perumahan loji di selatan Pabrik Gula Redjo Agung Baru. Kawasan itu nantinya bukan hanya dibangun pedestrian saja, namun juga sebagai tempat edukasi.

Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur, Kewilayahan, Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapedalitbangda) Kota Madiun, Mas Kahono Pekik Hari Prasetiyo, mengungkap rencananya trotoar yang lama direhabilitasi mulai dari kawasan Pabrik Gula (PG) Redjo Agung hingga PT INKA. 

"Kemarin dikunjungi dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Pemprov Jatim dalam rangka verifikasi pengajuan DAK (Dana Alokasi Khusus) Kota Lama di Kota Madiun," ujar Kahono Pekik, Senin (03/06/2024).

Baca Juga: Makan di Telaga Sarangan, Wisatawan Ngeluh Dipatok Rp 225 Ribu

Sementara itu, untuk anggaran pembangunannya akan dibantu oleh pemerintah pusat maupun provinsi. Pasalnya, Pemprov Jatim telah memberikan tanggapan yang positif sebab kawasan yang diusulkan itu memiliki tema yang kuat. Yaitu, kawasan heritage yang bisa menjadi daya tarik wisata ke depan. 

Usulan tersebut sesuai dengan arahan Kementerian PUPR dan Kemenkeu. Karenanya, Pekik yakin apa yang diusulkan tersebut akan disetujui. Pihaknya telah mengajukan pembangunan ke Pemprov Jatim untuk pembangunan kawasan tersebut dengan besaran anggaran mencapai Rp60 miliar. Namun, pembangunan dimungkinkan baru bisa dikerjakan mulai tahun 2025.

Baca Juga: Wisata Petik Buah, Pemkot Madiun Berhasil Panen 1 Ton Buah Melon

"Arahan dari Kemenkeu supaya pendanaan dari pemerintah bisa memberdayakan masyarakat secara ekonomi. Apa yang kami usulkan itu mengarah ke sana, makanya kemarin waktu dikunjungi Pemprov tanggapannya positif," kata dia.

Pihaknya berharap dengan pembangunan Jalan Yos Sudarso sebagai kawasan wisata heritage semakin memperbanyak tempat wisata di Kota Madiun. Sehingga kedepannya semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Kota Madiun. mdn-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU