Melongok Masjid Konsulat Pemuda, Berbagi Makan Gratis untuk Semua

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 11 Jun 2024 20:55 WIB

Melongok Masjid Konsulat Pemuda, Berbagi Makan Gratis untuk Semua

i

Warga Surabaya mengantri dalam program warung makan gratis di Masjid Pemuda Konsulat, Senin (10/06/2024) sore. SP/Zistia Shinta

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Di tengah padatnya aktivitas Kota Surabaya, Masjid Pemuda Konsulat di Jalan Kalikepiting No. 111 menjadi oase bagi banyak penduduk kota yang membutuhkan. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, masjid ini juga terkenal dengan program makan gratis yang diinisiasi oleh takmir masjid.

Ramadhan Surohadi, seorang Pendiri dan Wakil Pengasuh Masjid Pemuda Konsulat mengadakan Program makan gratis ini telah menjadi penyelamat bagi banyak pendatang, mulai dari pengemudi ojek online hingga kuli bangunan.

Baca Juga: Peresmian Kota Lama Surabaya Diundur ke Akhir Juni, Bersamaan dengan Green Force Run 2024

Setiap hari, Ramadhan Surohadi dan timnya menyediakan makanan gratis bagi siapa saja yang datang ke masjid.

"Program ini dimulai dengan tujuan sederhana, yaitu membantu mereka yang membutuhkan dan memberikan sedikit kenyamanan siapa saja yang dating kesini" ucap Rahman.

Yanto (50), seorang pengemudi ojek online, makan gratis di Masjid Pemuda Indonesia adalah berkah yang sangat berarti.

"Kadang, penghasilan saya tidak cukup untuk makan tiga kali sehari. Program ini sangat membantu saya untuk bertahan," katanya sambil menikmati nasi yang disediakan.

Begitu juga dengan Rozak (65), seorang kuli bangunan yang pertama kali merasakan makan gratis di masjid ini.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Resmikan 153 Pustu ILP

"Saya tau tempat ini karena diajak teman-teman, rasanya pertama kesini sangat senang" ungkapnya.

Ramadhan Surohadi, sang takmir masjid, merasa bahwa program ini adalah bentuk nyata dari ajaran Islam tentang berbagi dan peduli sesama.

"Kami ingin masjid ini menjadi tempat di mana semua orang merasa diterima dan dibantu, tanpa memandang latar belakang mereka," katanya dengan penuh semangat.

Baca Juga: Libur Idul Adha 1445 H: 21 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya

Melalui program ini, Masjid Pemuda Indonesia tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga simbol solidaritas dan kemanusiaan di tengah kota besar. Di sini, semua orang diperlakukan sama, diterima dengan penuh kasih, dan diberikan bantuan tanpa memandang siapa mereka.

Masjid Pemuda Indonesia telah membuktikan bahwa kebaikan dan kepedulian tidak memerlukan syarat atau batasan. Dalam kesederhanaannya, program makan gratis ini telah menjadi penyelamat dan memberikan harapan bagi banyak penduduk kota yang membutuhkan.

Dengan keberlanjutan program ini, Rahman berharap dapat terus membantu lebih banyak orang dan menginspirasi tempat lain untuk melakukan hal serupa. "Kita semua bisa membuat perbedaan kecil yang berarti bagi orang lain. Dan di sini, kami melakukan itu setiap hari," tutupnya. zis/ana/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU