Polresta Banyuwangi Revitalisasi Pompa Sumur Bor

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 14 Jun 2024 19:17 WIB

Polresta Banyuwangi Revitalisasi Pompa Sumur Bor

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi - Sekitar 150 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Karangrejo selatan Pal 7 Desa/Kecamatan Wongsorejo harus menghemat penggunaan air bersih. Pasalnya, mereka hanya bisa mendapatkan air sehari satu kali dari Desa tetangga.

Kekeringan akibat minim curah hujan membuat mereka harus mencukupkan air yang ditandon pada hari mereka mendapat giliran aliran air.

Baca Juga: Warga Dijemput Paksa, Polresta Banyuwangi Digeruduk Massa

Hal tersebut disampaikan Abdul Bakar, Kepala Desa Wongsorejo. Menurutnya, warga terpaksa menghemat air lantaran di daerah mereka tak ada sumber mata air yang bisa mengalirkan air dengan baik.

"Di sini memang tanah tadah hujan, jadi hanya berharap dari air hujan. Kalau tidak ada hujan, ya sudah kita ambil air giliran dari desa sebelah sehari sekali gilirannya," terang Bakar.

Ia bersyukur pompa air di sumur bantuan Polresta Banyuwangi yang sempat rusak selama 1 bulan akhirnya diperbaharui dengan pompa air baru.

Baca Juga: Polisi di Banyuwangi Bagi-bagi Takjil

"Terima kasih sama Bapak Kapolresta Banyuwangi, Pak Nanang. Kami laporan langsung ditanggapi dengan memperbaiki sumber mata air dan memberi pompa baru buat dipasang," tambahnya.

Sementara Kapolresta Banyuwangi Kombes Nanang Haryono menyatakan, revitalisasi sumur bor itu untuk menjawab kebutuhan warga Dusun Karangrejo selatan Pal 7 Desa Wongsorejo.

"Ketinggian dusun ini 500 meter di atas permukaan laut, kalau daratan normal kan 150-an meter di atas permukaan laut. Jadi ini sangat tinggi, Sebelum ada sumur ini warga mendapatkan air dari Wonolestari yang jaraknya lebih dari 3 kilometer. Kasihan sekali warga kalau harus jalan ke sana," ujar Nanang.

Baca Juga: Sepakat Jaga Kerukunan dan Perdamaian Usai Pemilu

Usai membantu menyusun pipa dalam sumur bor dengan kedalaman 135 meter, Nanang berharap keberadaan sumur yang direvitalisasi tersebut diharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan air bagi warga sekitar.

"Semoga ini cepat bisa dipakai kembali, Tadi bisa dilihat pemasangan di dataran tinggi di wilayah tadah hujan ini tanah tandus yang akhirnya terpasang sumur bor semoga membantu," kata Nanang. Bl-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU