Kejagung tak Mau Dianggap KPK, Tidak Koordinasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Jul 2024 21:18 WIB

Kejagung tak Mau Dianggap KPK, Tidak Koordinasi

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kejaksaan Agung heran kini KPK menengarai ada pintu yang tertutup untuk koordinasi.

"Sebaiknya diungkap dengan detil terkait peristiwa apa, di daerah mana, dan terkait persoalan apa supaya jelas dan dapat dipertanggungjawabkan," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Harli Siregar kepada wartawan di gedung Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa (2/7/2024).

Baca Juga: Carut Marutnya Cara Kerja Hakim MA Dibeber

"Kita bisa menilai dengan fakta-fakta yang ada di lapangan dan sebenarnya kita fine-fine aja, baik-baik aja, saya kira gitu," pungkas Harli Siregar.

Ia membantah pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata yang menyebut bahwa Kejagung akan menutup pintu koordinasi dan supervisi jika ada jaksa yang ditangkap oleh lembaganya. Kejagung mengatakan selalu terbuka terkait koordinasi hingga supervisi.

"Apa yang disampaikan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata kami kira tidak benar. Karena dengan beberapa alasan, yang pertama bahwa selama ini justru hubungan kita berjalan dengan baik antara Kejaksaan dengan KPK," tambah ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Harli Siregar.

"Kami sangat terbuka dengan bagaimana KPK menjalankan tugas dan fungsi-fungsi koordinasi. Fungsi-fungsi supervisi yang dilakukan KPK itu sendiri," tambahnya.

Harli mengatakan, dalam hal itu, KPK memiliki kewenangan yang lebih besar dari Kejaksaan. Jadi, menurutnya, tak ada alasan Kejaksaan menutup pintu koordinasi dan supervisi.

Baca Juga: Tergerus Kepercayaan Publik, Capim KPK Dilirik Jenderal Polri Lagi

"Mana mungkin kita bisa menutup diri terhadap fungsi-fungsi yang akan dijalankan oleh KPK itu sendiri," ingatnya.

 

Kejagung Selalu Dukung KPK

Justru, Harli menuturkan, Kejaksaan selalu mendukung segala tupoksi yang dilakukan lembaga antirasuah itu. Dia lantas berbicara mengenai personel jaksa yang ditugaskan di KPK.

Baca Juga: Dugaan Mark Up Impor Beras, Grand Corruption

"Selama ini Kejaksaan sangat begitu men-support bagaimana KPK bisa menjalankan tugas dan kewenangannya dengan baik. Mungkin masyarakat bisa melihat bahwa tenaga-tenaga jaksa yang kita kirimkan ke KPK itu adalah tenaga-tenaga yang handal dan sangat mumpuni," tutur Harli.

Lebih jauh Harli menyebut pihaknya selalu terbuka dan fasilitatif dalam menjalankan fungsi koordinasi dan supervisi dengan KPK selama ini. Tak hanya di pusat, tapi juga di daerah.

"Ketika misalnya teman-teman para jaksa yang ada di KPK menjalankan tugas fungsinya, katakanlah persidangan, kita sangat men-support bagaimana teman-teman itu bisa menjalankan tugas dengan baik," sebut Harli. n erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU