Alih Status ke Universitas, UHW Perbanas Wisudakan 398 Mahasiswa

Rektor UWH Perbanas saat memberikan ijazah kepada para wisudawan/ foto: Humas UWH Perbanas. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI, Surabaya - Sejak beralih status dari sekolah tinggi menjadi Universitas pada 9 April 2021 lalu, Universitas Hayam Wuruk (UWH) Perbanas Surabaya secara perdana mewisudakan 398 mahasiswa.

Adapun 398 lulusan tersebut berasal dari berbagai jenjang, mulai dari jenjang magister, sarjana, dan diploma III. Untuk jenjang magister terdapat kurang lebih 21 lulusan, sementara sarjana sebanyak  245 orang yang terdiri dari 185 Lulusan sarjana manajemen, 145 Lulusan sarjana akuntansi, 46 Lulusan sarjana ekonomi syariah, serta untuk lulusan D-III  sebanyak 1 orang yakni dari D-III Perbankan dan Keuangan.

Menurut Rektor Universitas Hayam Wuruk Perbanas, Dr. Yudi Sutarso, SE., MSi, pelaksanaan wisuda tahun ini masuk kategori terbaik. Karena wisudawan yang terakhir dengan status STIE Perbanas sekaligus wisuda perdana saat sudah berubah status menjadi Universitas. 

"Mereka yang diwisuda hari ini dinyatakan lulus sebelum kami menerima SK (Surat Keputusan) perubahan bentuk perguruan tinggi tanggal 9 April 2021. Jadi, istimewanya saat ini menjadi wisudawan terakhir bentuk Sekolah Tinggi dan wisuda yang pertama diadakan oleh Universitas Hayam Wuruk Perbanas," kata Yudi Sutarso dalam keterangan resminya yang diterima Surabaya Pagi, Senin (05/07/2021).

Di tengah pandemi covid-19 saat ini kata Yudi, menjadi tantangan tersendiri bagi para lulusan untuk terserap di dunia kerja. Ia pun berpesan agar bekal ilmu dan pengalaman selama berkuliah dapat diimplementasikan sehingga mampu menciptakan lapangan kerja di tengah krisis ekonomi seperti saat ini.

"Jangan hanya terfokus pada pekerjaan konvensional. Bisa juga berwirausaha," katanya

Sebagai informasi, lulusan terbaik UWH Perbanas tahun ini adalah Karima Fatmawati yang berasal dari program studi akuntansi. Ia juga merupakan salah satu penerima beasiswa penuh di UWH Perbanas.

Selama kuliah, Karima aktif dalam berorganisasi serta memiliki banyak prestasi yang membanggakan. Salah satunya adalah Juara 1 International Accounting Week UMY. 

"Selama di Perbanas saya bisa menambah softskill saya sehingga saya punya modal tambahan selain pendidikan akademik saya," kata wanita kelahiran Surabaya, 5 Agustus 1999. 

Saat ini Karima sudah bekerja di salah satu perusahaan ekspor impor rempah-rempah yakni Surya Mas sebagai Staff Akuntansi dan Pajak.sem