Cabai Rawit, Mampu Redakan Nyeri Asam Urat yang Tinggi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 03 Mei 2021 09:36 WIB

Cabai Rawit, Mampu Redakan Nyeri Asam Urat yang Tinggi

i

Cabai Rawit. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Cabai rawit merupakan salah satu jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam golongan sayur-sayuran. Namun, ada sebagian orang juga yang mengkategorikannya kedalam jenis buah-buahan.

Dalam cabe rawit terkandung beberapa senyawa yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Seperti vitamin A dan C, resin, karotenoid, alkaloid atrisi, minyak volatil dan kapsaicin. Nah,zat kapsaicin inilah yang meberikan rasa pedas dalam cabai. Selain itu, secara medis kandungan kapsaicin ini jugalah yang dapat menjadi pemicu enzim pencernaan. Sehingga nafsu makan pun akan meningkat, Senin (3/5/2021).

Baca Juga: Adventure Land Romokalisari Surabaya Ramai Peminat Wisatawan Luar Kota

Dan dibalik rasa pedas yang terkandung dalam cabai, fakta lain mengungkapkan bahwa cabai ternyata mampu mengobati penyakit asam urat. Zat yang mampu mengatasi asam urat ini juga adalah kapsaicin. Kapsaicin dalam cabai rawit mampu meredakan kejang otot dan persendian tubuh. Serta mampu menghambat rasa sakit pada sistem saraf.

Umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun. Seseorang menderita asam urat karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi. 

Hal ini menyebabkan seseorang merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki.  Penderita pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat asam urat kambuh. 

Baca Juga: Pemkot Surabaya Gelar Halal Bihalal

Di dalam cabai mengandung sumper capsaicin yang memiliki sifat farmakologis analgesik alias pereda nyeri. Efek analgesik dalam cabai membuatnya bisa mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan karena asam urat. 

Cara mengaplikasikan cabai rawit untuk meredakan nyeri asam urat diantaranya, sediakan setengah sendok teh bubuk cabai rawit, minyak kelapa hangat satu sendok makan. 

Baca Juga: Winter Aespa Jalani Operasi Pneumotoraks, Agensi Bakal Prioritaskan Pemulihan

Lalu campurkan bubuk cabe dengan minyak kelapa, aduk sampai merata. Setelah itu, bubuhkan ramuan tersebut pada area yang terasa nyeri dan bengkak akibat asam urat. 

Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bagian tubuh yang diolesi ramuan sampai bersih. Selama masa pengobatan, ada baiknya untuk menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi. Dsy5

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU