Jude Bellingham Pemain Termuda Euro 2020 Berusia 17 Tahun

Jude Bellingham. SP/ Uefa

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Inggris mengawali Euro 2020 dengan kemenangan 1-0 atas Kroasia. Namun ada yang tak biasa yaitu Jude Bellingham yang memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang tampil di babak utama Euro.

Gelandang Borussia Dortmund itu masuk menggantikan Harry Kane di babak kedua, tepatnya pada menit ke-82, ketika The Three Lions mengalahkan Kroasia 1-0 di pertandingan Grup D Euro 2020 di Wembley, Minggu (13/6/2021) malam WIB.

Dengan penampilan tersebut, Bellingham menggusur Jetro Willems yang sebelumnya merupakan pemain termuda di babak utama Euro saat tampil membela Belanda dalam usia 18 tahun dan 71 hari pada 2012 lalu.

Menurut Opta, dengan bermain di laga kontra Kroasia, Bellingham membuat debut untuk Inggris di usia 17 tahun 349 hari. Rekor sebelumnya dipegang Jetro Willems, yang berusia 18 tahun ketika ia memperkuat Belanda di Euro 2012.

Dia memecahkan rekor pemain termuda yang pernah bermain di Euro sekaligus jadi pemain termuda yang pernah mewakili Inggris di turnamen mayor selevel Euro dan Piala Dunia.

Catatan ini sangat istimewa, mengingat Bellingham awalnya diduga akan lebih banyak dicadangkan. Namun, ternyata Gareth Southgate mau memberinya kepercayaan lebih.

Nama Bellingham bisa saja tergeser dalam beberapa hari ke depan, mengingat pemain termuda di seluruh skuad Euro 2020 adalah gelandang Polandia Kacper Kozlowski, yang lahir hampir empat bulan setelah Bellingham. Dsy11