Masuk Forbes 30 Under 30, Maudy Ayunda Lestarikan Budaya Indonesia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 28 Mei 2021 21:22 WIB

Masuk Forbes 30 Under 30, Maudy Ayunda Lestarikan Budaya Indonesia

i

Maudy Ayunda

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Maudy Ayunda memiliki segudang prestasi di usianya yang terbilang muda yaitu 26 tahun. Belum lama ini, pemain film Losmen Bu Broto ini masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia, sebagai salah satu wanita yang memilki minat tinggi terhadap pelestarian budaya.

Karier pemilik nama asli Ayunda Faza Maudya di dunia akting tak diragukan lagi. Ia juga tercatat sebagai lulusan S1 di Oxford dan kini tengah menyelesaikan gelar S2 di Universitas Stanford di Amerika Serikat.

Baca Juga: Beberkan Fakta Bayi Lily Bukan dari Palestina, Merry Ahmad: Mbak Caca Nitip ke Mbak Gigi

Aktris dan juga penyanyi ini juga dikenal sebagai aktivis yang berdedikasi dibidang pendidikan, pemberdayaan anak muda, dan masalah literasi. Dia telah mendirikan organisasi nirlaba, Inspira untuk mendukung pengembangan karier dan bimbingan bagi pemuda Indonesia.

Bahkan, dia pun ikut turut andil melestarikan budaya Indonesia. Salah satunya sebagai model untuk pemotretan buku "Kisah Kebaya" karya Didiet Maulana, Januari 2021.

Hal ini pun di respon oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, baru-baru ini. Menurut Puan, perempuan Indonesia dibesarkan oleh budaya leluhur sehingga memiliki tekad untuk melestarikannya. Setidaknya ada dua bentuk peran yang dilakukan perempuan sebagai benteng budaya.

Baca Juga: Selamat! Mpok Alpa Hamil Anak Keempat, Sempat Syok dan Khawatir

“Pertama, sebagai agen budaya  perempuan memiliki peran sentral dan berkontribusi besar dalam menciptakan sekaligus mempertahankan pelestarian produk kebudayaan yang ada dalam masyarakat,” ujar Puan

Menurut Puan yang pernah menerima tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana ini, setiap perempuan harus memiliki kontribusi aktif dalam melestarikan budaya sebagai jati diri bangsa.

Kedua, tambah Puan, kiprah perempuan dalam keluarga memiliki andil sangat berharga. Yakni selain memupuk nilai-nilai budaya kepada anak-anak dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Mantan Thariq Halilintar, Chandrika Chika Positif Narkoba, Sudah Konsumsi Selama Setahun Lebih

Ditambahkan Puan Maharani, bahwa generasi muda seperti Maudy Ayunda harus bisa menyadari bahwa kebudayaan dari berbagai daerah adalah bagian dari keindahan dan keunikan Indonesia yang harus dijaga bersama. erc/cr2/rmc

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU