Pangkas Rambut Sejak 1965, Bukti Otentiknya Kota Malang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 05 Mei 2021 10:09 WIB

Pangkas Rambut Sejak 1965, Bukti Otentiknya Kota Malang

i

Sukadi dan rekannya siap melayani pelanggan untuk potong rambut. SP/ MLG

SURABAYAPAGI.com, Malang - Kota Malang memiliki segudang cerita menarik, salah satunya Barbershop atau pangkas rambut yang bernama Pangkas Rambut Sahabat sudah berdiri sejak 1965 ini adalah bukti otentiknya Kota Malang. Namanya Pangkas Rambut Sahabat.

Awal berdirinya sejak 1965 silam, Sahabat bahkan sudah memakai nama Barbershop. Lengkap dengan tanda barber’s pole (lampu merah, putih biru) di depan bangunannya. Hanya saja, waktu jaman Soeharto 1980-an  pernah dilarang pakai istilah-istilah bahasa inggris. Akhirnya, diganti jadi pangkas rambut.

Baca Juga: 4 Perampok di Malang Tertangkap, 2 Masih Buron

Pemilik Pangkas Rambut Sahabat ini adalah Sukadi dan M. Nur. Mereka sama-sama punya komitmen kuat untuk menjaga asa dan merawat ingatan tentang masa-masa kejayaan Sahabat yang pernah menjadi idola kawula muda di era 1980 hingga 2000-an.

”Umur sudah tua, mau kerja apa? Senang juga disini, sudah kulino (kebiasaan, red). Bertahan saja dengan apa yang ada, disyukuri saja,” katanya, Rabu (5/5/2021).

Menyapu rambut, usai memotong rambut pelangga. SP/ MLG

Baca Juga: Pj Wali Kota Malang: Layanan Jemput Bola Efektif

Lokasi pangkas rambut legendaris ini ada di dalam Kompleks Pertokoan Kayutangan, pertokoan tertua yang menjadi pusat keramaian di medio 1960-1970-an. Di sekitarnya, di bilangan Basuki Rahmat itu juga kini telah ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya (heritage).

Pelanggan yang datang disini bahkan ada yang dari kalangan menengah ke atas. Jasa pelayanannya pun beragam, mulai dari potong rambut, cukur muka, bersih telinga, creambath, semir hingga neril.

Sebut saja mantan Bupati Malang dan Kapolres era 80an. Lalu, juga Wakil Wali Kota Malang sekarang, Sofyan Edi Jarwoko selalu menyempatkan potong rambut disini.  ”Memang rata-rata pelanggan sini udah tua-tua semua. Bahkan kami juga sering terima panggilan potong di rumah. Tapi sekarang juga sudah mulai banyak anak muda kesini,” ujarnya.

Baca Juga: Perbaikan Jalan Gondanglegi-Balekambang Telan Anggaran Rp 600 M

Kendati masa-masa kejayaan Sahabat telah berlalu, harapan akan tempat mereka mencari nafkah selama puluhan tahun ini bisa terus eksis di tengah menjamurnya usaha barbershop di kalangan muda. Kini, Sahabat seolah hidup segan, mati tak mau.

”Sudah mulai sepi pelanggannya, apalagi ditambah pandemi. Tapi disyukuri saja. Bagaimanapun caranya, kami harus tetap hidup dan menghidupi. Sebisa mungkin tempat ini jangan sampai tutup,” harapnya. Dsy9

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU