Personil Polres Pasuruan Hibur Anak-Anak Korban Erupsi Semeru

Polisi ajak anak-anak terdampak erupsi Semeru bermain untuk trauma healing.

SURABAYA PAGI, Pasuruan - Moto Polres Pasuruan Tugasku Ibadahku dipegang teguh bagi personil yang diperbantukan dalam tim Trauma Healing Polda Jatim dalam rangka konseling terhadap korban bencana alam erupsi gunung semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Dimana personil yang terdiri dari lima personil Polwan dan satu personil fungsi Psikologi Polres Pasuruan membantu korban bencana alam erupsi gunung semeru dengan melakukan pendekatan secara psikologi dengan menghibur anak-anak korban bencana sehingga tidak mengalami trauma dalam menjalani kehidupan pasca kejadian bencana alam, Selasa  (7/12/2021).

Tampak Team Trauma Healing Polres Pasuruan bersama Polda Jatim memberikan hiburan kepada korban dengan menyanyikan lagu anak-anak dan memberikan hadiah berupa snak serta lomba mewarna.

Selain anak-anak team trauma Healing Polres Pasuruan bersama Polda Jatim juga melakukan konseling kepada para orang tua sehingga dapat bersikap sabar dalam menghadapi kejadian bencana alam berupa erupsi Gunung Semeru tersebut.

Selain melaksanakan trauma Healing, team BKO Personil Pasuruan Bripka Ainun Hubba, S.Psi., juga melakukan kegiatan sosial dengan mengevakuasi warga yang masuk wilayah zona merah rawan bencana dan membagikan bantuan berupa pakaian dan makanan kepada korban di tempat pengungsian yang dipusatkan di Kantor Kecamatan Candi Puro Lumajang.

Perlu diketahui bahwa jumlah korban pasca kejadian erupsi bencana alam ini, sebanyak kurang lebih 189 keluarga yang harus dievakuasi dan ada juga yang sanak keluarganya belum ditemukan hingga saat ini, dan disaat penugasan personil Polres Pasuruan bertepatan dengan kunjungan bapak presiden Republik Indonesia Joko Widodo guna memantau langsung proses evakuasi yang dilakukan oleh Badan Penanggupangan Bencana Nasional beserta TNI-Polri dan para relawan.

Hingga berita ini ditulis, dilaporkan bahwa kondisi wilayah desa sumber wuluh yang dekat dengan erupsi berangsung membaik namun proses evakuasi terus berjalan, semoga dengan misi kemanusian ini mampu membawa manfaat bagi korban bencana erupsi gunung semeru dan semua masyarakat korban bencana diberikan kesabaran dan ketabahan, Salam PRESISI (Prediktif, Responsif, Transparansi, Berkeadilan).her