Psikolog: Bahaya Smiling Depression

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 02 Mar 2023 20:38 WIB

Psikolog: Bahaya Smiling Depression

SURABAYAPAGI, Surabaya - Depresi tak selalu ditunjukkan dengan tampilan yang urakan, lesu, atau tak bergairah. Ada juga orang yang sejatinya hidup dengan depresi, tetapi tampak sangat bahagia di luar. Hal ini disebut juga dengan istilah smiling depression.

Psikolog Klinis dari India, Aishwarya Raj mengatakan, smiling depression bukanlah kondisi medis yang dikenali secara luas. Karena itu, ketika seseorang menyembunyikan depresi di balik senyuman, perlu ada pe rhatian dari orang sekelilingnya.

Menurut dia, smiling depression mungkin berbahaya karena sering kali tidak disadari. Padahal, kondisi tersebut bisa berdampak pada kesehatan mental seseorang. “Orang dengan smiling depression mungkin berisiko lebih tinggi untuk bunuh diri karena mereka terbiasa mengatasi rasa sakit atau tanda-tanda pencegahan bunuh diri. Mereka mungkin memiliki lebih banyak energi dan fokus untuk membuat rencana bunuh diri dan menindaklanjutinya,” kata Raj seperti dilansir dari Health Shots.

Lantas seperti apa tanda orang yang mengalami smiling depression? Menurut Raj, mungkin sulit bagi anggota keluarga untuk mengenali tanda-tanda smiling depression. Namun, harus diketahui bahwa kesedihan yang berkepanjangan adalah gejala depresi yang paling mendominasi.

Selain itu, ada juga beberapa gejala lain, seperti terlihat lesu atau lunglai, sulit tidur, perubahan berat badan dan hilang nafsu makan, ketidakberdayaan, kurangnya minat atau motivasi, hingga tidak percaya diri.

“Meskipun beberapa atau semua gejala ini mungkin ada pada orang yang mengalami smiling depression, gejala-gejala ini terutama, tidak tampak di depan umum. Jadi, orang yang aktif, tampak ceria juga dapat terkena smiling depression,” kata Raj menegaskan.

Raj mengatakan bahwa ada beberapa orang yang berisiko tinggi mengalami smiling depression. Mereka pada umumnya adalah orang-orang yang mengalami perubahan besar dalam hidupnya, seperti gagal dalam hubungan, kehilangan pekerjaan, hingga mengalami krisis keuangan.

Dewasa ini, smiling depression juga bisa memengaruhi orang-orang yang kecanduan media sosial. Ekspektasi yang lebih tinggi juga dapat memicunya. Ekspektasi yang tidak realistis dapat berasal dari rekan kerja, orang tua, saudara kandung, anak, atau teman.

Orang yang perfeksionis mungkin lebih rentan karena standar mustahil yang mereka terapkan untuk diri mereka sendiri. Pengobatan dan perubahan pola makan dinilai mampu membantu untuk mengatasi jenis depresi ini. Mengambil bantuan psikoterapi dari seorang profesional juga dapat membantu mengatasi gejala depresi.

Menurut Raj, profesional dapat membantu orang yang menderita smiling depression dalam menemukan strategi yang tepat untuk mengatasi depresi. Mereka, lanjut dia, juga perlu mendapatkan dukungan yang memadai di rumah untuk membuka diri kepada orang di sekitarnya. hlt/sml

Editor : Mariana Setiawati

Tag :

BERITA TERBARU