Senam Hamil

SURABAYAPAGI.com - Semua orang pasti tahu bahwa olahraga itu baik untuk kesehatan, tidak terkecuali pada Mums yang tengah hamil. Ya, ternyata ibu hamil juga bisa olahraga, dan ada banyak manfaat yang akan didapatkan. Olahraga yang dianjurkan bagi ibu hamil adalah senam sehat yang tidak membutuhkan banyak gerakan berbahaya namun tetap dapat membakar kalori dan menyehatkan tubuh.

Tidak perlu memakan waktu yang lama, lakukan senam selama sekitar 20 – 30 menit beberapa kali dalam seminggu. Berikut manfaat senam untuk ibu hamil yang perlu Mums ketahui!

1. Meningkatkan energi

Kehamilan itu sangat menguras energi, namun olahraga secara rutin bisa membantu Mums untuk beraktivitas sehari-hari. Senam menguatkan sistem kardiovaskular, jadi Mums tidak akan mudah lelah. Dengan otot yang kuat dan kencang, Mums tidak perlu mengeluarkan tenaga berlebihan ketika beraktivitas, baik sebatas di rumah atau aktivitas kantor. Namun, tentu saja olahraga yang Mums lakukan harus sesuai dengan panduan keselamatan bagi ibu hamil.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Seiring dengan perkembangan kehamilan Mums, menemukan posisi tidur yang nyaman akan semakin sulit juga. Namun, senam bisa membantu Mums tidur lebih nyenyak di malam hari.

3. Mengurangi risiko terkena komplikasi terkait kehamilan

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga ketika hamil bisa mengurangi risiko terkena diabetes gestational dan preeklampsia. Kalau Mums sudah didiagnosis preeklampsia atau hipertensi gestational, pastikan dokter sudah memberikan lampu hijau untuk berolahraga. Sesuai dengan kondisi dan seberapa jauh kehamilan Mums, dokter biasanya akan merekomendasikan agar aktivitas fisik dikurangi.

Pada wanita yang memiliki diabetes gestational, senam atau olahraga rutin bisa memberikan perbedaan yang penting. Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika ibu hamil yang menderita diabetes gestational rutin berolahraga 3 kali dalam seminggu, risiko mereka terkena makrosomia (bayi besar) berkurang hingga 58%. Hal tersebut menurunkan risiko persalinan sesar sebanyak 34%.

4. Mengurangi ketidaknyamanan akibat kehamilan

Senam rutin akan mengencangkan otot-otot Mums. Hal ini akan membantu tubuh Mums mengatasi rasa sakit dan nyeri yang diakibatkan oleh kehamilan. Melakukan stretching dan yoga meredakan nyeri punggung, berjalan-jalan meningkatkan sirkulasi, dan berenang bisa menguatkan otot-otot abdominal.