SURABAYAPAGI.com - Tiada yang lebih baik dari makanan yang dimasak sendiri. Selain lebih murah, bahan masakan yang kita pilih tentu saja kita pilih yang terbaik, aman dan higienis.

Tapi bagaimana dengan cara masaknya? Apakah yang biasa kamu lakukan sudah baik? Yuk cek di bawah.

1. Menggunakan bumbu penyedap rasa



Menambah penyedap rasa memang terasa lebih enak, apalagi untuk kita yang belum terbiasa masak. Tapi ini tidak terlalu bagus untuk kualitas masakan kamu. Untuk kadar rasa lebih baik kamu menambahkan garam saja sebagai pilihan. Tapi jangan berlebihan karena kebanyakan sodium dalam tubuh bisa menyebabkan retensi cairan. Taburkan secukupnya.

Dan lebih baik lagi, gunakan rempah-rempah. Karena berasal dari tanaman, tentu saja remah-rempah lebih sehat dan rasanya lebih istimewa.

2. Menggunakan bahan yang mengandung ’rendah lemak’
Buat kamu para pecinta diet, pasti kamu mengonsumsi cemilan yang ada label low fat-nya. Namun, perlu kamu tahu bahwa para ahli gizi menetapkan bahwa ada banyak lemak sehat yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh.

Lemak sehat sebenarnya dapat memberi kamu energi, melindungi organ-organ, dan memungkinkan penyerapan vitamin A, D, E, dan K. Jadi berpikirlah 2 kali jika ingin menggunakan bahan yang berlabel rendah lemak karena tubuh kita juga membutuhkan asupan lemak.

3. Memasak sayuran terlalu matang



Banyak yang percaya bahwa mengonsumsi sayuran mentah adalah cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi. Cara kita mengolah sayuran memiliki pengaruh penting terhadap aktifitas antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Semakin lama, maka semakin banyak vitamin yang keluar dan terbuang ke dalam air. Meskipun masih diperdebatkan, tetapi memasak terlalu matang dapat menurunkan tingkat gizi pada makanan dari 15 hingga 55 persen menurut lapora The New York Times.

4. Mengupas semua buah atau sayuran



Ada banyak nilai gizi yang terkandung dalam kulit pada buah atau sayuran. Memang terkadang kulit luar itu kotor, tapi kamu bisa mencucinya hingga bersih dan ikut memasak dan memakannya untuk mendapatkan nutrisi tambahan.

Kulit yang tidak dikupas tersebut mengandung banyak serat yang juga baik bagi pencernaan manusia. Serat membantu mengeluarkan kotoran di dalam tubuh, membantu mengurangi penyerapan kolesterol dan membantu kita tetap kenyang lebih lama.

Menurut Ahli diet, Themis Chryssidis dari Sprout Cooking School di dunia ini hampir tidak ada buah ataupun sayuran yang tidak bisa di makan dengan kulitnya. idn