Hendi Suryo Jatmiko caleg nomor urut 1 DPRD Kota Kediri Dapil Kota Kediri dari Partai Demokrat saat blusukan ke pasar-pasar tradisional.

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Di penghujung tahun 2018, sejumlah komoditi kebutuhan pokok di Kota Kediri mengalami kenaikan harga. Kondisi tersebut menjadi perhatian Hendi Suryo Jatmiko calon legislatif nomor urut 1 DPRD Kota Kediri Dapil Kota Kediri dari Partai Demokrat untuk blusukan ke pasar-pasar tradisional.

Salah satu pasar yang dikunjungi adalah Pasar Ngaglik di Kelurahan Dandangan, Kecamatan Kota Kediri. Caleg Partai Demokrat bomor urut 1 Dapil Kota Kediri ini banyak melakukan dialog dengan para pedagang. Saat berdialog sejumlah pedagang banyak mengeluh akan kenaikan harga kebutuhan pokok seperti daging ayam hingga telur.

Saat blusukan Hendi mendapati salah satu komoditas pangan seperti daging ayam yang mengalami kenaikan. Dari sebelumnya Rp 33.000 naik menjadi Rp 37.000 per kg. Sedangkan harga daging sapi naik Rp 2.000 per kg, dari semula Rp 95.000 menjadi Rp 97.000 per kg.

Menurut pengakuan H. Ali Nurrudin, pedagang ayam di Pasar Ngaglik kenaikan harga terjadi sebulan terakhir jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019. Pemicunya karena pasokan ayam ke pasar berkurang.

"Pasokan ayam telat. Sementara peminatnya tinggi," kata H. Ali Nurrudin, Sabtu (30/12/2018) yang seharinya mampu menjual sebanyak 6 kwintal ayam.

Selain ayam dan daging, komoditi kebutuhan pokok lain yang mengalami kenaikan adalah telur ayam. Harga telur dari sebelumnya Rp 20.000 - 22.000 naik menjadi Rp 25.000 per kg. Namun, untuk cabai justru turun dari Rp 43.000 menjadi Rp 39.000 per kg. Sedangkan komoditi lainnya relatif stabil.

Sementara itu, Hendi Surya Jatmiko mendapatkan banyak keluhan dari para pedagang terhadap kondisi tersebut. Sebab, daya beli masyarakat menjadi menurun. Pihaknya juga melihat kondisi pasar yang selama ini dipakai masyarakat dalam mencari rezeki untuk keluarga.

"Keinginan pedagang agar harga bisa stabil. Kedatangan kami, ingin tahu kondisi pedagang, ingin tahu keinginan mereka dan kondisi pasar. Dengan blusukan selain memohon doa restu dan agar dikenal warga kita juga ingin memikirkan agar pasar tetap bergeliat dan ekonomi masyarakat semakin baik," ujar Hendi di pasar.

Selain blusukan ke Pasar Ngaglik, Hendi dan rombongan yang merupakan para kader Partai Demokrat bersilaturahmi ke rumah-rumah masyarakat di seputar pasar. Mereka meminta doa restu dalam Pileg 2019 mendatang. Tak lupa rombongan memberikan kalender bergambar Hendi Suryo Jatmiko dengan nomor urut 1 Dapil Kota Kediri. Can