Vanessa Angel didampingi Jane Shalimar usai keluar dari pemeriksaan di subdit Cybercrime. Foto: SP/Hendarwanto

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Pengembangan terhadap kasus prostitusi online terhadap dua tersangka prostitusi online yang melibatkan sejumlah artis dan model ternama, yakni Endang dan Tantri masih dilakukan Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim.

Kasubdit V Cybercrime Ditreskrimsus AKBP Harrisandy menyebutkan, hasil pengembangan yang dilakukan ternyata seluruh konsumennya berasal dari hampir seluruh kota di Indonesia.

Bahkan, ada pula konsumen yang berasal dari luar negeri. "Kalau dilihat, ini konsumennya dari semua kota, tergantung pesanannya, bahkan di luar negeri juga ada, kami dapatkan data dari luar negeri," ujarnya.

Lantas, bagaimana pembayaran atau transaksi yang dilakukan bila pelanggan berada di luar negeri? Harrisandy menegaskan, transaksi yang dilakukan dua tersangka maupun korban dan pelanggan menggunakan transfer atau digital.

Sebelum melakukan hubungan intim, para pelanggan diwajibkan membayar Down Payment (DP) sekitar 30 persen dari total tarif yang dipatok.

"Semuanya menggunakan digital, pembayarannya pun digital, uang di muka 30 persen, setelah itu sisanya," tandasnya.

Perwira dengan dua melati dipundak mengungkapkan, untuk pembagiannya ia masih mendalaminya. Namun, hasil terbaru yang diperolehnya menyebutkan bila uang yang diperoleh dibagi rata antara artis atau model maupun mucikari. "Masing-masing orang punya pembagiannya, kayak kemarin ada, kepada ininya (artis) langsung Rp 35 juta, sisanya dibagi-bagi," sebutnya.

Masih kata Harrisandy, saat ini polisi masih menginventarisir ponsel milik tersangka, ada nomer yang pernah dipergunakan oleh pemesan. "45 itu ada artis, penyanyi dangdut, model hingga penyanyi," ujarnya.

Sedangkan Vanessa Angel didampingi Jane Shalimar tadi kembali mendatangi subdit Cybercrime. Dia datang dalam rangka dimintai keterangan terkait pemeriksaan kemarin dan ponsel milik Vanessa.

Usai diperiksa, Vanessa langsung keluar tak sepatah katapun keluar dari mulutnya. Justru Jane yang selalu menjawab pertanyaan awal media. "Baik..baik mas," ujar Jane sambil berjalan cepat menuju mobil Honda HRV warna merah. nt