Gelombang tinggi (ilustrasi)

SURABAYAPAGI.com, Manado - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga mewaspadai gelombang setinggi 2,5 sampai empat meter di perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud, Sulawesi Utara, Rabu (9/1).

"Peringatan dini gelombang tinggi ini berlaku hingga tanggal 11 November 2019 pukul 08.00 WITA," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung R Daniel Aror di Manado.

BMKG juga menyampaikan peringatan dini berkenaan dengan potensi munculnya gelombang dengan tinggi 1,25 sampai 2,5 meter di Laut Sulawesi, perairan Bitung Manado, perairan Utara Sulawesi, perairan Selatan Sulut dan Laut Maluku.

"Masyarakat atau pun kapal-kapal yang melakukan aktivitas di wilayah peringatan dini diharapkan mempertimbangkan kondisi tersebut," kata Daniel.

Wilayah Sulawesi Utara pada Rabu diprakirakan menghadapi hujan dengan intensitas ringan. Hujan menurut prakiraan, akan turun di Kota Manado, Bitung, Tomohon, Kotamobagu, Airmadidi (Kabupaten Minahasa Utara), Tondano (Kabupaten Minahasa), Amurang (Kabupaten Minahasa Selatan), dan Ratahan (Kabupaten Minahasa Tenggara).

Begitu pula di Lolak (Kabupaten Bolaang Mongondow), Boroko (Kabupaten Bolaang Mongondow Utara), Molibagu (Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan), Ondong Siau (Kabupaten Kepulauan Sitaro). Hujan juga diperkirakan akan mengguyur Tahuna (Kabupaten Kepulauan Sangihe) serta Melongguane dan Miangas (Kabupaten Kepulauan Talaud). rk