Siswa SMA sederajat di Lamongan sangat antusias untuk mengikuti donor darah yang digelar PWI bekerja sama dengan PMI. FOTO: SP/ MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Masih dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) ke 73 tahun 2019. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lamongan kembali menggelar bhakti sosial untuk yang kesekian kalinya, dengan menggelar donor darah bekerja sama dengan PMI dan sejumlah lembaga pendidikan SMA/Sederajat di Lamongan Senin (9/1/2019).

Donor darah kali ini seperti disampaikan oleh ketua PWI Lamongan Bachtiar Febrianto, berbeda dengan donor darah sebelum-sebelumnya. Dimana donor darah sebelumnya melibatkan masyarakat dan berbagai kalangan mulai Pemkab, TNI dan Polri, namun kali ini murni diikuti oleh pelajar tingkat SMA di kota Lamongan dan donor darahnya dipusatkan di SMAN 2 Lamongan.

Donor darah hasil kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Lamongan ini kata Febri panggilan akrabnya bagian dari rangkaian HPN 2019. Tentu aksi sosial donor darah ini salah satu ikhtiar PWI untuk bisa mengambil peran dalam meningkatkan kepedulian kepada masyarakat.

Menurutnya, meski hanya setetes darah sangat penting bagi warga yang membutuhkan, mengingat hal itu berkaitan dengan kondisi tubuh seseorang. Maka diharapkan aksi sosial tersebut mampu membangkitkan semangat berbagi di tengah-tengah masyarakat. "Darah bukanlah persoalan sepeleh, justru ini sangat besar. Dan di rangkaian memperingari HPN ini kami berharap menjadi penyemangat untuk saling membantu melalui donor darah demi kepentingan kemanusiaan,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua panitia Nur Qomar menyebutkan, dalam donor darah kali ini yang mendaftar mencapai sekitar 200 orang atau 50 persen lebih banyak dari target yang ditetapkan panitia 100 peserta.

Dari jumlah pendaftar lanjutnya, sekitar 10-15 persen peserta gagal mendonorkan darahnya, karena alasan kesehatan. Meski demikian, Nur Qomar mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Sekolah dan pihak-pihak terkait yang mendukung suksesnya kegiatan bakti sosial ini.

"Kegiatan sosial donor darah di tahun ini berlangsung sukses. Tidak saja dari sisi penyelenggaraan, tapi juga jumlah peserta yang jauh melebihi target," tuturnya.

Selain donor darah kata Qomar panggilan akrab Nur Qomar menyebutkan, PWI Lamongan juga akan menggelar bakti sosial pasar murah pada tanggal 15,19, 22 Januari, santunan anak yatim 9 Pebruari dan bedah rumah pada 12, dan 19 Pebruari.

"Ada tiga lokasi yang menjadi sasaran bakti sosial pasar murah dan bedah rumah yakni di Kecamatan Sarirejo, Kembangbahu dan Maduran,"katanya.

Kepala SMA Negeri 2 Lamongan Muki mengapresiasi kegiatan donor darah yang diselenggarakan PWI Lamongan." Saya menyambut baik, semoga kegiatan donor darah ini bermanfaat bagi kemanusiaan,, "pungkasnya.jir