Ilustrasi

SURABAYAPAGI.com - Menjadi seorang YouTuber sukses menjadi impian bagi setiap pemula yang ingin mencoba peruntungannya di YouTube. Kesuksesan dari YouTube tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat millennial yang sering menggunakan situs web tersebut untuk mencari sebuah hiburan ataupun pembelajaran.

Jadi tidak mengherankan jika banyak sekali masyarakat yang ingin mencoba atau sekadar hanya meng-upload video apapun ke YouTube. Tidak hanya masyarakat, banyak pula public figure yang terjun langsung menjadi seorang YouTuber, demi sebuah eksistensi dan juga tambahan penghasilan.

Bermodal sebuah channel YouTube dan sebuah video kamu sudah menjadi seorang YouTuber lho. memang kelihatan mudah tapi nyatanya semua itu hanya membutuhkan sedikit keahlian dan membutuhkan beberapa perlengkapan penunjang lainnya.

Untuk itu, demi menunjang keinginan kalian menjadi seorang YouTuber, dibutuhkan minimal 9 alat ini. Berikut ulasan selengkapnya!

1. Kamera

Di YouTube, banyak sekali menampilkan video-video yang sangat berkualitas. Jadi fungsi kamera disini menjadi perlengkapan yang paling kamu butuhkan, kamera yang bagus juga bisa menghasilkan video berkualitas pula.

Jadi siapkan kamera yang mempunyai resolusi yang baik jika kamu sangat berniat untuk menjadi seorang YouTuber sukses.

2. Microphone

Sama halnya dengan kamera, microphone juga sama pentingnya dengan kamera. Menampilkan sebuah video dengan kualitas HD tanpa mic sama halnya kalian ketika makan tanpa ditemani dengan kerupuk.

Artinya menjadi seorang YouTuber tapi kalian tidak menyertai dengan audio yang jernih menjadikan channel YouTube kalian kurang diminati oleh para pencari konten di YouTube.

Micjuga dibutuhkan demi menunjang kualitas video kalian lho. Banyak kok toko-toko yang menjual microphone di luar sana. Tapi perlu diingat, kualitas yang dibutuhkan demi menghilangkan efek noise yang biasanya terdapat pada video.

3. Stabilizer kamera

Stabilizer kamera merupakan perlengkapan penting selanjutnya jika kamu ingin menjadi seorang YouTuber. Fungsi dari alat ini adalah untuk mengurangi keburaman dari gambar kamera. Lagi-lagi kualitas video menjadi poin penting dalam pekerjaan ini.

4. Kartu memori

Panjang atau pendeknya video kalian harus disesuaikan dengan jumlah kapasitas kartu memori. Kapasitas kartu memori yang lebih besar juga lebih baik untuk mendukung besarnya ukuran gambar kalian lho.

5. Tripod

Tripod atau biasa disebut dengan penyangga kamera. Tripod juga penting lho demi menjaga kualitas video. Sama halnya dengan stabilizer kamera, tripod yang berfungsi sebagai penyangga kamera akan mengurangi goyangan ketika kalian sedang mengabadikan sebuah momen.

Selain itu, tripod juga berguna mengurangi beban kalian karena beratnya dari kamera.

6. Laptop atau komputer

Komputer sudah pastilah dibutuhkan jika kamu ingin menjadi YouTuber. Komputer biasanya digunakan ketika kamu ingin mengedit video atau memperbaiki video kalian.

7. Lighting

Lighting atau penerangan juga dibutuhkan, jika kamu ingin menjadi seorang YouTuber. Meskipun biasanya penerangan digunakan ketika malam, penerangan juga bisa digunakan kertika objek dari lokasi perekaman video kamu agak sedikit gelap. Jadi kalian juga harus menyiapkannya lho.

8. Software untuk edit video

Jika kamu ingin mengedit video, kamu pastilah membutuhkan software dong. Software digunakan untuk mengedit video agar video kamu menjadi lebih menarik bagi penonton. Banyak kok software yang dapat digunakan untuk mengedit video seperti Corel Video Studio dan lain sebagainya.

9. Koneksi internet cepat

Koneksi juga penting lho, koneksi yang baik dibutuhkan ketika kalian ingin meng-upload video kalian di channel YouTube kamu.

Menjadi seorang YouTuber tidak semudah yang kalian pikir lho, dibutuhkan usaha dan ketekunan yang sangat tinggi. Seorang YouTuber juga harus memiliki tema dan kualitas video yang baik.