•   Selasa, 16 Juli 2019
Pilpres 2019

KPU Sosialisasi Pemilu di Rutan Klas IIB Sumenep

( words)


SURABAYAPAGI.com, Sumenep - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur memberikan sosialisasi Pemilu 2019 kepada warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB setempat, Jumat (12/4/2019).
"Kami berharap melalui sosialisasi ini seluruh warga binaan bisa menjadi pemilih cerdas dan partisipatif," kata Angota Komisioner KPU Sumenep, Abd. Hadi.
Hadi menuturkan, jumlah warga binaan di Rutan Sumenep yang masuk daftar pemilih sekitar 300 orang. Mereka nantinya akan disediakan satu buah tempat pemungutan suara di dalam rumah tahanan tersebut.
"Sosialisasi kami lakukan selain mengajak mereka mencoblos pada 17 April 2019, mereka juga kami kenalkan lima jenis surat suara dan tata cara pencoblosan," tuturnya.
Pada kesempatan itu, kata Hadi, pihaknya juga menyempatkan untuk menggelar simulasi mengenai tata cara pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS).
Menurut Hadi, sosialisasi kepada warga binaan di Rutan penting dilakukan karena informasi yang mereka terima sangat terbatas mengingat mereka memang sedang dalam pembinaan masyarakat.
"Informasi yang mereka terima kan terbatas, tidak seperti masyarakat secara umum yang dengan mudah mengakses berita dan informasi. Jangan sampai nanti tanggal Pemilu saja mereka tidak tahu. Warga binaan juga harus sadar mereka punya hak pilih," pungkasnya. (haz)

Berita Populer