Seniman pelukis ini saat menunjukan karya seni lukisnya di rumahnya. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Sentuhan tangan-tangan kreatif terus bermunculan di Lamongan. Terbaru bahan dasar skotlet dijadikan bahan lukisan yang mendatangkan pundi-pundi rupiah, seperti yang dilakukan oleh Sabiq Fajar Rozaq (23).

Bahan skotlet ini oleh pria kelahiran Desa Menonggo, Kecamatan Sukodadi, Lamongan disulap sebagai bahan dasar lukisannya yang menghasilkan karya lukisan yang indah.

Disebutkan olehnya, awal mula pemanfaatan skotlet untuk bahan dasar menulis, berawal dirinya membuka sebuah tayangan di halaman YouTube tentang seni karya lukis. Skotlet selain digunakan sebagai bahan pelindung sepeda motor ternyata bisa juga dijadikan sebagai bahan baku untuk melukis.

"Awalnya lihat-lihat di channel YouTube. Kemudian ada lukisan dari skotlet. Tapi tayangan di YouTube kita tidak diberitahukan secara rinci cara membuatnya," jelasnya

Kemudian Rozaq mencoba membuat lukisan wajah mengunakan skotlet dan beberapa bahan lainnya dengan modal awal sekitar 50 ribu. Namun karya lukis yang ia hasilkan tidak sesuai dengan lukisan yang ia lihat di channel YouTube.

Pria yang pernah menempuh pendidikan Hukum di Universitas Trunojoyo Madura, tidak patah semangat, ia terus mencoba membuat lukisan itu hingga membentuk sebuah lukisan yang diharapkan. "Awal mencoba ya kurang memuaskan hasilnya. Tapi saya coba terus dan Alhamdulillah hasilnya bagus," terangnya.

Rozaq mengaku jika melukis adalah hobi yang sudah ia sukai sejak dari kecil. Hobi ini kemudian terus ia kembangkan hingga beberapa kali pernah menyabet penghargaan lomba melukis. Sementara untuk pembuatan lukisan wajah dari skotlet caranya sangat sederhana.

Gunting skotlet dengan diameter yang diinginkan, setelah itu digambar sesuai pola wajah dan ditempelkan pada triplek kayu. Setelah itu skotlet yang sudah terdapat pola kemudian di iris mengunakan silet. Setelah jadi baru kemudian lukisan itu diberikan bingkai atau pigura.

Saat ini lukisan wajah yang dibanderol dengan harga mulai puluhan hingga ratusan ribu rupiah itu sudah banyak pemesan yang berasal dari luar Kabupaten Lamongan seperti, Banjarmasin, Bekasi, Semarang dan Sampang Madura.

"Untuk pemesanan biasanya kami pasarkan melalui Instagram dan beberapa media sosial lainnya," pungkasnya. Selain itu Rozaq juga melukis mengunakan skotlet di alas alat memotong bumbu dapur. jir