Kejari Lamongan Musnahkan BB dari Berbagai Tindak Pidana Kejahatan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 18 Jul 2022 15:32 WIB

Kejari Lamongan Musnahkan BB dari Berbagai Tindak Pidana Kejahatan

i

Semua barang bukti yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap dimusnahkan dengan cara dibakar. SP/MUHAJIRIN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Sejumlah barang bukti (BB) dari berbagai kasus tindak pidana yang sudah mendapat keputusan hukum tetap (inkrah) dari Pengadilan Negeri, akhirnya dimusnahkan oleh Kejaksaan Negeri Lamongan, Senin (18/7/2022).

Pemusnahan barang bukti di halaman Kejari ini, selain dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Lamongan, Dyah Ambarwati, juga dihadiri oleh  Kasatreskrim Polres Lamongan AKP Komang Yogi Arya Wiguna, KBO Sat Resnarkoba Iptu Suwito dan pejabat terkait.

Baca Juga: Penanganan Dugaan Korupsi Pembangunan RPH Unggas oleh Kejari Lamongan, Diharapkan Merembet ke Dinas-dinas Lainnya

Dalam pemusnahan kali ini, seperti disampaikan oleh Kajari Dyah Ambarwati, pihaknya memusnahkan berbagai barang bukti diantaranya sebanyak 1.247,3 gram sabu dari 28 perkara. Ada juga narkotika jenis pil dobel L 7.497 butir dari 14 perkara, HP 48 buah dari 45 perkara dan ganja 919,29 gram dari 1 perkara.

Dalam kesempatan itu, Dyah juga menambahkan barang bukti lainnya yang juga ikut musnahkan dengan cara dibakar tersebut adalah, dari perkara bibit jagung palsu, minuman keras, tembakau gorila, rokok ilegal, dan perkara lainnya.

 

Baca Juga: Empat Tersangka Ditetapkan dalam Kasus Dugaan Korupsi Lampu PJU

Rinciannya ada timbangan digital 5 buah dari 28 perkara, bibit jagung palsu 82 bungkus dari 1 perkara, tembakau gorila 0,69 gram dari 1 perkara, rokok tanpa pita cukai 377.080 batang dari 1 perkara, dan miras jenis arak 53 botol dari 1 perkara.

"Barang bukti yang kami musnahkan sebelumnya telah disita oleh negara dari putusan Pengadilan Negeri Lamongan yang telah berkekuatan hukum tetap periode November 2021 sampai dengan Juni 2022,” kata perempuan yang baru beberapa bulan tugas di Lamongan ini.

Baca Juga: Lestariyono, Mantan Kadis Cipta Karya Lamongan Dijebloskan ke Penjara

Dyah menjelaskan, pemusnahan barang bukti ini sesuai dengan tugas pokok fungsi dan kewenangan yang dimiliki kejaksaan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 16 Tahun 2014 tentang Kejaksaan.

"Kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama ikut memberantas peredaran narkoba yang bisa mengancam generasi muda di Lamongan. Jika ditemukan ada indikasi peredaran narkoba, segera infokan kepada penegak hukum biar cepat ditindak,” pungkasnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU