DPRD Jombang: Tiap Tahun Proyek Puskesmas Bermasalah, Harus Dievaluasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 14 Okt 2023 13:34 WIB

DPRD Jombang: Tiap Tahun Proyek Puskesmas Bermasalah, Harus Dievaluasi

SURABAYAPAGI, Jombang - Komisi C DPRD Jombang geram, dengan proyek pembangunan gedung Puskesmas yang selalu bermasalah. ”Kita akan agendakan untuk meninjau lokasi pembangunan baik di Puskesmas Perak maupun Mojoagung,” ujar Wakil Ketua Komisi C DPRD Jombang Miftahul Huda, Jumat 13 Oktober 2023.

Politisi PKB itu heran, pasalnya setiap tahun proyek pembangunan puskesmas selalu bermasalah dan selesai tidak tepat waktu. ”Apa ini dikarenakan lelangnya terlalu terlambat atau bagaimana. Harus ada evaluasi,” tegasnya. Selain itu, lanjut Huda PPK (pejabat pembuat komitmen) tidak ahli dalam pembangunan.

Baca Juga: Pemkab Sumenep Serahkan 29 Unit Mobil Puskesmas Keliling

”Harusnya ini harus bekerja sama dengan dinas teknis agar pembangunan molor ini bisa diantisipasi dengan baik,” imbuhnya.

Huda juga mengingatkan PPK untuk memberikan peringatan atau bahkan surat teguran, agar kontraktor tetap bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. ”Karena proyek ini bangunan untuk pelayanan masyarakat. Harus selesai tepat waktu. PPK juga harus tegas,” ungkapnya.

Baca Juga: Pastikan Pelayanan Berjalan Baik saat Libur Lebaran, Pj Wali Kota Mojokerto Sidak Puskesmas dan Rumah Sakit

Dirinya juga meminta, apabila kontraktor tidak bisa menyelesaikan. PPK juga harus berani untuk menghentikan kontrak kerjasama agar tidak dilanjutkan. ”Pembangunan nanti bisa dilanjutkan dengan pemenang cadangan. Daripada nanti tidak selesai-selesai,” pungkasnya.

Diketahui, pelaksanaan proyek pembangunan gedung Puskesmas di Kabupaten Jombang, disinyalir amburadul. Dua proyek pembangunan gedung Puskesmas Miagan, Kecamatan Mojoagung dan Puskesmas Perak, Kabupaten Jombang, baru mencapai progres 50 persen. Padahal, proyek miliaran rupiah yang diampu Dinas Kesehatan Jombang itu harus selesai pada bulan November 2023.

Baca Juga: Maksimalkan Kinerja, Puskesmas Manding Sumenep, Berikan Pelayanan Mudah Terhadap Pasien

Salah satunya, Puskesmas Miagan, Mojoagung harus sudah kelar pada tanggal 8 November 2023. Nilai proyek pembangunan tidak tanggung mencapai Rp 5,4 miliar. Dengan anggaran sebesar itu seharusnya, progres pembangunan bisa sesuai dengan harapan. Di lapangan bangunan puskesmas nampak masih separo jadi, tembok juga masih belum terlihat di aci. Bahkan, papan informasi proyek tidak dipasang dengan benar, dirobohkan di tanah begitu saja.

”Saat ini progres sekitar 55 persen,” ujar salah satu pekerja dari CV Sugio Langgeng yang enggan disebutkan namanya. Ia mengakui, progres pekerjaan Puskesmas Mojoagung mengalami keterlambatan. ”Minggu kemarin minusnya itu sekitar 18 persen,” ungkapnya.sar

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU