Gus Muhdlor, Seolah Sosok Antikorupsi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 16 Apr 2024 21:03 WIB

Gus Muhdlor, Seolah Sosok Antikorupsi

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Sebelum terjerat kasus korupsi oleh KPK, Gus Muhdlor dikenal sebagai sosok yang menunjukkan komitmen antikorupsi di Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Komitmen tersebut terlihat ketika Pemkab Sidoarjo bekerja sama dengan Komite Advokasi Daerah (KAD) Antikorupsi Jawa Timur pada 28 Maret 2022. Kerja sama ini dilakukan untuk mencegah kebocoran anggaran daerah dan mengawasi perusahaan milik Pemkab Sidoarjo yakni PDAM Dela Tirta.

 

Baca Juga: Model Titipan Biduan oleh Eks Mentan SYL, Bikin Ruwet Penyelesaian Tenaga Honorer

Anak Gus Ali

Pria kelahiran, 11 Februari 1991 di Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur ini merupakan anak dari tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Agoes Ali Masyhuri.

Gus Ali, dikenal seorang pengasuh Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat. Dia juga aktif dalam kepengurusan GP Ansor Sidoarjo.

Semasa kecil, Gus Muhdlor menempuh pendidikan di SDN Kenongo 2, SMP AR Risalah Kediri, SMA Negeri 4 Sidoarjo, dan Universitas Airlangga.

Gus Muhdlor terjun ke dunia politik ketika mengikuti pemilihan kepala daerah pada 2020. Dia bersama wakil bupati Subandi saat itu diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dikutip dari situs Dinas Kominfo Jawa Timur, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan jabatan bupati Sidoarjo kepada Ahmad Muhdlor Ali dan wakilnya Subandi sejak 26 Februari 2021.

Baca Juga: Rumah Disamarkan Orang Lain Disita KPK

Selama memimpin Sidoarjo, Gus Muhdlor dan pemerintah daerahnya kerap meraih sejumlah penghargaan dalam skala provinsi dan nasional.

Pada Oktober 2023, Gus Muhdlor menerima penghargaan Inspirational Regional Head Who Mobilizies Youth sebagai pimpinan daerah yang menjadi inspirasi dan penggerak kaum muda.

 

Harta Laporan ke e-LHKPN

Baca Juga: Aset Sandra Dewi Bisa Disita, Penerima Pasif Kejahatan TPPU

Dilansir dari laman e-LHKPN Selasa 16 April 2024, Ahmad Muhdlor Ali mempunyai total Harta Kekayaan Rp. 8,1 Miliar.

Namun Gus Muhdlor punya hutang sebesar Rp. 3,3 Miliar. Sehingga Harta Kekayaan bersih dari Gus Muhdlor adalah Rp. 4,7 Miliar. Harta bergerak lainnya menjadi penyumbang terbesar Harta Kekayaan.

Ia mempunyai harta bergerak lainnya sebesar Rp. 3,6 Miliar. Ia punya alat transportasi dan mesin ia melaporkan punya dua kendaraan. Dua unit kendaraan itu adalah sebuah sepeda motor dan sebuah mobil.

Sepeda motor miliknya berjenis Honda Beat senilai Rp. 8,5 juta. Sedangkan kendaraan roda empat berjenis Honda Jazz 2011. jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU