Lansia Terlantar di Bungurasih, Dinsos Jatim Berhasil Pertemukan dengan Keluarga

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Rabu, 17 Apr 2024 09:47 WIB

Lansia Terlantar di Bungurasih, Dinsos Jatim Berhasil Pertemukan dengan Keluarga

i

Sugiarti, akhirnya bertemu dengan keluarga setelah hilang dan ditemukan dalam kondisi linglung di Terminal Bungurasih Surabaya. SP/ AINI

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Timur melalui Sub Substansi Penanganan Bencana dan Layanan Dukungan Psikososial (PB dan LDP) serta Jatim Social Care (JSC)-Tim Respons Kasus sukses mempertemukan seorang lansia terlantar dengan keluarganya.

Lansia tersebut, Sugiarti (75), awalnya dilaporkan menghilang dari rumah anaknya yang ada di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, sejak Senin (15/04/2024). Ia pun ditemukan dalam kondisi linglung di Terminal Purabaya atau Bungurasih Surabaya, pada Selasa (16/04/2024).  

Baca Juga: Hujan Lebat, Drainase Buruk, Terminal Bungurasih "Tenggelam"

Awalnya, Tim Respons Kasus menerima informasi dari Dinas Perhubungan Surabaya yang melaporkan telah ditemukan lansia terlantar di Terminal Bungurasih. 

Pada saat itu, Sugiarti ditemukan dalam kondisi linglung dan berbicara sedikit melantur. Ia mengaku ingin pulang ke tempat asalnya, yakni Desa Sragen Kulon, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen. 

Kabar tentang hilangnya Sugiarti ternyata juga sempat diumumkan melalui media sosial Facebook. Informasi tersebut ditemukan oleh Ketua Tim dari Sub Substansi PB dan LDP Liawati Suntiana.

Baca Juga: Bus Harapan Jaya AKAP Buka Lounge Baru di Terminal Bungurasih Surabaya

"Iya sudah dikonfirmasi oleh Bu Lia dan sudah terhubung oleh anak pertamanya yaitu Ibu Diana yang tinggal di Jalan Kali Kepiting, Kota Surabaya," kata Kepala Bidang Penanganan Bencana Sukardi, dari keterangan yang di Surabaya Pagi, Rabu (17/04/2024).

Disisi lain, sebelumnya Tim Respons Kasus juga mengonfirmasi keberadaan keluarga Sugiarti yang ada di Kabupaten Sragen melalui TKSK Kabupaten Sragen. Atas koordinasi tersebut ditemukan informasi bahwa Sugiarti memiliki keluarga yang tinggal di Surabaya.

"Kami menghubungi keluarga yang ada di Surabaya dan keluarganya langsung datang menjemput," ungkap Petugas JSC-Tim Respons Kasus Nursoleh.

Baca Juga: Pantau Nataru, Komisi D Pastikan Keselamatan Penumpang

Berkat kerjasama dengan berbagai pihak terkait, akhirnya Sugiarti dipertemukan dengan anak pertamanya, Diana (54), di kantor Dinsos Jatim. Setelah pertemuan tersebut, pihak Dinsos Jatim juga mengantarkan mereka ke kediaman Diana.

"Ibu saya pergi pada hari Senin dan ingin pulang ke Sragen. Saya berterima kasih kepada Dinsos Jatim yang telah membantu memfasilitasi pertemuan kami," tukas Diana dengan rasa lega, akhirnya bisa bertemu kembali dengan sang ibu. Ain

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU