Ekonomi Kabupaten Nganjuk Lampaui Nasional

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 24 Apr 2024 19:16 WIB

Ekonomi Kabupaten Nganjuk Lampaui Nasional

SURABAYAPAGI.COM, Nganjuk - Ekonomi di Kabupaten Nganjuk tumbuh secara signifikan. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Nganjuk mencapai 5,40 persen pada 2023.
 
Angka itu bahkan melampaui tingkat pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur, yakni 4,90 persen dan nasional 5,04 persen di tahun yang sama. 
 
Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna mengatakan tumbuhnya ekonomi di Bumi Anjuk Ladang menjadi kabar baik sekaligus membanggakan. 
 
Menurutnya, capaian tersebut juga menunjukkan bila ada sebuah potensi yang luar biasa di Kabupaten Nganjuk dari sisi ekonomi. 

Sri Handoko mengungkapkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Nganjuk tak terlepas dari gebrakan program atau upaya yang dilaksanakan. 

Baca Juga: Nganjuk Dilirik Jadi Kawasan Industri Baru, Tekankan Kolaborasi Buruh dan Pengusaha

Berdasar data BPS, laju pertumbuhan ekonomi menurut lapangan usaha di Kabupaten Nganjuk didominasi transportasi dan pergudangan dengan persentase 12,16 persen. 
 
Kemudian, distribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga Konstan (ADHK) menurut lapangan usaha ditopang sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 27,31 persen. 
 
Lalu, distribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga Konstan (ADHK) menurut pengeluaran paling teratas diduduki pengeluaran konsumsi rumah tangga, di angka 73,03 persen. 

Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna meminta pemerintah desa dan masyarakat untuk menggali potensi yang ada di wilayah masing-masing.

Potensi yang dimaksud antara lain bisa dalam bidang destinasi wisata desa, pertanian, dan produk UMKM.

Baca Juga: Cetak Wirausahawan Baru, Disnaker Nganjuk Gelar Pelatihan Menjahit

"Kemandirian dan kekuatan ekonomi diupayakan dibangun dari level pemerintah desa," kata Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko, Rabu (17/4/2024).

Sri Handoko berharap apabila potensi ditemukan, pemerintah desa dan masyarakat desa bisa mengelolanya dengan baik.

Baca Juga: Dispertan Nganjuk Sosialisasikan Pengelolaan Pupuk Bersubsidi Kepada Petani

Menurutnya, menciptakan inovasi dan pemanfaatan anggaran desa secara tepat juga tak kalah penting.

"Saya membuka diri berkomunikasi dengan warga secara langsung. Dengan begitu apa yang dibutuhkan mereka atau kekurangan kita bisa diketahui. Kita bisa cepat berbenah. Sehingga ekonomi kerakyatan di tiap desa mengalami pertumbuhan dan kemandirian," paparnya. Nj-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU