Kian Menggeliat, Investasi Triwulan I di Nganjuk Capai Rp 365 Miliar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 09 Jul 2024 15:09 WIB

Kian Menggeliat, Investasi Triwulan I di Nganjuk Capai Rp 365 Miliar

i

Ilustrasi. Salah satu hotel di Kabupaten Nganjuk, sebagai penyumbang investasi. SP/ NGJ

SURABAYAPAGI.com, Nganjuk - Kabupaten nganjuk digadang-gadang bakal bertransformasi menjadi kota industri baru di wilayah Mataraman. Pasalnya, iklim investasi di Kabupaten Nganjuk kian menggeliat dengan banyaknya para investor yang berdatangan untuk menanam modal.

Bahkan saat ini Pada triwulan I (Januari-Maret) 2024, iklim investasi di Kota Angin menunjukkan tren positif. Diketahui, realisasi nilai investasi di Kabupaten Nganjuk telah mencapai Rp 365.881.000.000. Nilai tersebut berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 2.736.000.000 dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp 363.145.000.000.

Baca Juga: Nganjuk Dilirik Jadi Kawasan Industri Baru, Tekankan Kolaborasi Buruh dan Pengusaha

Sementara itu, Analis Kebijakan Ahli Muda Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Nganjuk, Sri Wahyuningsih mengungkap jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk tengah menargetkan realisasi nilai investasi pada 2024 sebesar Rp 1,50 triliun. 

"Nilai investasi triwulan II masih dihimpun melalui Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM). Kami memprediksi nilainya meningkat. Kami juga optimistis mencapai target yang ditetapkan di 2024," katanya, Selasa (09/07/2024). 

Baca Juga: Ekonomi Kabupaten Nganjuk Lampaui Nasional

Berdasarkan data LKPM triwulan I 2024, sudah ada sembilan kegiatan usaha PMA dan 88 kegiatan usaha PMDN di Kabupaten Nganjuk. Kegiatan usaha tersebut tersebar di sejumlah kecamatan. Antara lain, Kecamatan Rejoso, Lengkong, Gonndang, Kertosono, dan Jatikalen. 

"Yang terbaru, ada PT Belfoods yang akan berkegiatan usaha di sini. Ada pula hotel namun belum beroperasional," sebutnya. 

Baca Juga: Cetak Wirausahawan Baru, Disnaker Nganjuk Gelar Pelatihan Menjahit

Ia mengungkapkan ada beragam faktor yang membuat investor tertarik menanamkan modal di Kabupaten Nganjuk.  Faktor tersebut yakni, upah tenaga kerja yang masih kompetitif dengan kabupaten lain, koneksi jalan tol, serta adanya Bandara Dhoho, Kediri. 

"Pertumbuhan investasi di Kabupaten Nganjuk tergolong baik. Kabupaten Nganjuk sedang mengarah atau menuju kota Industri baru," tutupnya. ngj-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU