Gegara ‘Dizalimi’ Google Maps, Viral Video Mobil Terjebak Nyasar di Gang Sempit

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 28 Apr 2024 10:19 WIB

Gegara ‘Dizalimi’ Google Maps, Viral Video Mobil Terjebak Nyasar di Gang Sempit

i

Tangkapan layar video sebuah mobil terjebak di jalan kecil yang terhalang tiang listrik karena ikuti Google Maps. SP/ Instagram @indocarstuff

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Sempat viral beredar video yang memperlihatkan sebuah mobil yang tidak bisa melewati jalan di gang kecil karena terhalang tiang listrik. Uniknya, peristiwa tersebut terjadi akibat menuruti aplikasi peta atau navigasi digital (GPS) Google Maps saat perjalanan.

Diketahui, video tersebut diunggah akun @indocarstuff, Jumat (26/04/2024). Pasalnya, ia sampai terjebak di gang sempit yang mepet dengan sungai. Tak ada jalan untuk maju apalagi putar balik, karena sangat sempit. Cara satu-satunya adalah mundur secara perlahan.

Baca Juga: Dinilai Coreng Nama Baik Desa, Ribuan Warga Mindu Gading Buat Petisi Pecat Kaur Kesra

“Kesasar google map sampe stuck di ujung gang, gara-gara ada tiang sebiji ga bisa lewat,” tulis akun tersebut, Minggu (28/04/2024).

Kejadian seperti ini memang bukan kali pertama terjadi. Dalam menggunakan aplikasi GPS seperti Google Maps, pengemudi sebaiknya tidak sepenuhnya mengandalkan aplikasi tersebut. Sopir juga perlu waspada dan memperhatikan medan jalan yang akan dilalui. 

Terlebih jika medan terlihat tidak memungkinkan untuk dilalui, baiknya pengemudi mencari rute alternatif atau bertanya kepada orang sekitar untuk memastikan jalan yang akan dilewati. 

Baca Juga: Perkara Harta Warisan, Seorang Anak di Malang Buldozer Rumah Orang Tuanya

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, aplikasi peta digital seperti Google Maps sebaiknya digunakan sebagai referensi saja. 

“Aplikasi penunjuk arah sebaiknya digunakan sebagai referensi agar lebih mudah, dekat, aman dan arahnya jelas. Tidak disarankan mengandalkan 100 persen, karena nomor satu pengemudi harus paham dengan detail lokasinya,” kata Sony.

Baca Juga: Berseteru dengan HYPE, NewJeans dan Min Hee Jin Dirumorkan Gabung SM Entertainment

Menurutnya, hanya pengemudi pemula yang mengandalkan aplikasi seperti itu. Sebab, jika sudah pengalaman, biasanya dalam mengambil keputusan akan banyak pertimbangan. Maka dari itu, pengemudi sebaiknya tidak memaksakan diri, jika memang jalan tidak layak, jangan diteruskan. 

Sehingga lebih baiknya, jika saat akan menggunakan aplikasi peta digital, pastikan melakukan pengecekan rute terlebih dahulu. Jika perlu, H-1 keberangkatan pengemudi sebaiknya mempelajari dan melihat kondisi melalui foto lokasi yang tersedia di aplikasi. jk-03/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU