Gantikan Chicco, Ramdhani Resmi Jabat Kakanim Kelas I Khusus TPI Surabaya

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Senin, 06 Mei 2024 14:37 WIB

Gantikan Chicco, Ramdhani Resmi Jabat Kakanim Kelas I Khusus TPI Surabaya

i

Kakanim yang baru, Ramdhani bersama dengan Wakil Bupati Sidoarjo serta Kakanim sebelumnya yakni Chicco. SP/ AINI

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Khusus Surabaya resmi dipimpin oleh Ramadhani. Pemimpin sebelumnya, yakni Chicco A Muttaqin telah  menyerahkan tugas, wewenang dan tanggung jawabnya sebagai Kepala Imigrasi Surabaya kepada Ramadhani di Aula Kantor Imigrasi, Jalan Juanda, Sidoarjo, pada Senin, (6/5/2024).

Serah terima jabatan (sertijab) tersebut dipimpin secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur, Heni Yuwono, serta disaksikan oleh Kadiv Keimigrasi, Herdaus dan Kadiv Administrasi, Saefur Rochim

Baca Juga: KPPU Surabaya Pantau Komoditas Bawang Putih di Pasar Pabean

Kepala Kantor Wilayah (KaKanwil) Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono mengungkapkan bahwa proses pergantian pimpinan di Kantor Imigrasi merupakan hal yang biasa dilakukan didalam organisasi tersebut.

"Proses promosi, mutasi ataupun rotasi di Kementerian Hukum dan HAM khususnya di Kanwil Jawa Timur ini merupakan hal yang wajar, terlebih pak Chicco sudah 2 tahun disini (Kantor Imigrasi Kelas 1 Surabaya). Jadi sudah masanya naik ke jenjang yang lebih tinggi," kata Heni, saat ditemui awak media usai acara Sertijab tersebut.

Lanjut Heni, saat ini Chicco telah mengemban jabatan barunya yakni sebagai Direktur Sistem Teknologi, Direktur Sistem, Teknologi dan Informasi Keimigrasian (Dirsistik) pada Ditjen Imigrasi. Dengan demikian, langkah Chicco itu merupakan promosi dari Ekselon 2B ke Ekselon 2A.

"Ini suatu kebanggaan juga bagi kita jajaran kanwil Kemenkumham Jatim salah satu putra terbaiknya bisa promosi. Ini juga menjadi pemicu untuk rekan-rekan lainnya," terangnya.

Heni juga berterimakasih atas prestasi dan dedikasi yang ditorehkan oleh Chicco selama memimpin di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surabaya. Kedepan, ia pun berharap, Ramdhani sebagai pengganti, mampu mempertahankan dan juga meningkatkan capaian yang ada.

"Saya rasa Pak Ramdhani bukan orang asing di Surabaya, pengalamannya sebagai Kepala Bidang Dokumen Perjalanan di masa lalu kami harapkan dapat membantu kinerjanya menjadi lebih baik," harapnya.

Sekedar informasi, Chicco dan Ramdhani sebelumnya sudah resmi dilantik di Jakarta pada 18 April 2024. Namun pelaksanaan sertijab baru bisa dilakukan hari ini, Senin (6/5/2024).

Baca Juga: Teknologi Pendidikan UNESA Beri Pelatihan Video Interaktif di SDN Manukan Kulon Surabaya

Chicco juga berterimakasih atas kerjasama dengan timnya yang luar biasa, selama ia menjabat. Serta hubungan dengan stakeholder eksternal yang telah berjalan dengan baik.

"Sebenarnya kami sudah dilantik sejak tanggal 18 April lalu, namun baru di bulan Mei ini dapat dilaksanakan. Kami sangat berterima kasih atas kerjasama yang baik hingga berjalan sangat guyub, sehingga fungsi keimigrasian berjalan dengan baik," kata Chicco.

Sementara itu, sebagai Kakanim baru Ramdhani menyampaikan apresiasinya kepada kakanim sebelumnya yang telah banyak membawa perubahan yang lebih baik beberapa tahun terakhir ini.

 

Baca Juga: Festival Rujak Uleg 2024: Vampire hingga Badarawuhi Hadir di Balai Kota Surabaya

"Karena sejak saya meninggalkan Surabaya, saat itu menjabat Kabid Doklan, suasana kantor dan pelayanan sudah jauh lebih baik," papar Alumni Akademi Imigrasi (AIM) angkatan ke-4 itu.

Ia juga menambahkan, kedepan pihaknya  bertekad akan mempertahankan predikat intansinya sebagai Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dan membuat terobosan baru.

"Saya melihat inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Pak Chicco pada masa pengabdiannya hampir 3 tahun terakhir ini luar biasa sekali. Berbagai penghargaan, baik eksternal maupun internal, telah diterima," ujar Ramdhani.

"Tugas kami adalah mempertahankan, salah satunya predikat WBBM dari Menpan (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara)," pungkasnya. Ain

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU