Pengunjung Ngeluh, Warung di Alun-alun Ponorogo Getok Harga Tak Wajar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 03 Jul 2024 14:07 WIB

Pengunjung Ngeluh, Warung di Alun-alun Ponorogo Getok Harga Tak Wajar

i

Penampakan warung di Alun-alun Ponorogo yang getok harga tak wajar. SP/ PNG

SURABAYAPAGI.com, Ponorogo - Baru-baru ini sempat viral warga luar kota yang di getok harga makanan di Alun-alun Ponorogo saat event Grebeg Suro 2024. Hingga banyak dikeluhkan banyak pembeli karena harganya tidak sesuai.

Ketika dikonfirmasi, akun facebook @saka olshoop mengaku bernama Yuni Anjarwati warga Kabupaten Madiun. Dia pun membenarkan mengunggah postingan yang menyebut telah digetok harga oleh pemilik warung.

Baca Juga: Wisatawan Terpukau Fenomena Tornado 'Dust Devil' di Lautan Pasir Gunung Bromo

“Tadi malam kejadiannya. Mau lihat reog pada event Grebeg Suro. Kan memang biasa melihat grebeg suro. Setiap tahun malah,”ungkap Yuni Anjarwati, Rabu (03/07/2024).

“Padahal dulu-dulu ndak pernah. Makan pasti di luar Alun-alun Ponorogo. Ya karena lapar makan lah di Alun-alun Ponorogo,” kata warga Pagotan, Kabupaten Madiun ini.

Dia mengaku memang sudah sering ke Alun-alun Ponorogo. Terlebih saat acara grebeg suro.  Namun, dia memang tidak pernah makan di alun-alun Ponorogo.

“Kecewa sih, tapi kemarin terobati bisa nonton reog nya. Tetapi ya itu tidak mengulang makan di alun-alun Ponorogo,” pungkasnya.

Baca Juga: Sikapi Kejanggalan Pembayaran Retribusi Kebersihan, BEM Unipra Datangi Kantor PDAM Surabaya

(Mohon maaf kak admin, melenceng dari jalur. Sekedar info harap berhati-hati saat beli makanan di alun-alun Ponorogo. Kedai ini sangat tidak wajar bandrol makanan. Saya dan keluarga beli nasi pecel 1 porsi, lauk peyek 1 dan nasi campur 2 porsi. Yang cara penyajiannya sangat tidak layak seperti difoto itu contoh nasi pecelnya. Dari awal perasaan sudah tidak enak, kok sepi banget. Waktu saya tanya berapa bu? Rp 70 ribu, subhanallah, gak salah kah bu?

Nasi pecel cuma lauk peyek 1, sama 2 nasi campur. Orangnya gak jawab, kayak sinis gitu. Bukan bermaksud apa-apa. Saya paham, tengah ada event grebeg suro. Dan makin banyak pendatang dari luar kota juga. Termasuk saya. Tapi setidaknya mbok ya jangan gitu. Kasihan kalau misal yang beli tidak cukup uang. Sekali lagi mohon maaf,”

Postingan akun facebook @saka olshoop itu dikomentari ratusan netizen. Juga dibagikan puluhan akun facebook.

Baca Juga: Warga di Bondowoso Diserang Pasukan Lebah, Damkar Sigap Evakuasi

Pasca viral, warga luar kota digetok harga oleh pemilik warung di alun-alun Ponorogo saat Grebeg Suro, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperdagkum) turun tangan. Setelah Disperdagkum turun tangan, warung yang dimaksud pun berubah. Dimana sudah memasang label harga makanan yang dijual oleh pemilik warung.

Tertulis Nasi Pecel Pincuk Rp 8 ribu, Nasi Campur Rp 20 ribu, Nasi Soto Ayam Rp 8 ribu, Nasi Soto Daging Rp 10 ribu, Nasi Lele Goreng Rp 25 ribu, Nasi Nila Goreng Rp 25 ribu, Nasi Ayam Goreng Rp 25 ribu dan Nasi Rawon Rp 10 ribu.

Sementara itu, yang terpenting, pedagang wajib memasang tarif harga di tempat usahanya. Sehingga tidak hanya warung yang viral saja, lalu menggugurkan kewajiban pedagang lain. “Tadi malam saya cek sendiri sudah terpasang. Jika tidak terpasang bisa tanya,” pungkas mantan Camat Badegan. png-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU