Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo, Divonis 10 Tahun Penjara

author Jaka Sutrisna

- Pewarta

Kamis, 11 Jul 2024 12:59 WIB

Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo, Divonis 10 Tahun Penjara

i

Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo, Divonis 10 Tahun

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Kamis (11/7/2024) siang tadi, dijatuhi pidana badan 10 tahun di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Ketua majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta Rianto Adam Pontoh meyakini terdakwa SYL bersalah telah melakukan pemerasan terhadap anak buahnya di Kementerian Pertanian (Kementan) secara bersama-sama dan berlanjut.

Baca Juga: Selain Divonis 10 Tahun Penjara, SYL Disuruh Bayar Uang Pengganti Rp 14,1 Miliar

Sebelumnya, SYL dituntut hukuman 12 tahun penjara. Hukuman ini berbeda jauh dengan tuntutan untuk terdakwa Sekjen Kementan nonaktif Kasdi Subagyono serta mantan Direktur Kementan Muhammad Hatta yang hanya dituntut 6 tahun penjara.

Baca Juga: Kisah Haru, Usai Karen, Mantan Dirut Pertamina, Divonis 9 Tahun

Jaksa KPK meyakini SYL dkk bersalah telah melakukan pemerasan terhadap anak buahnya di Kementerian Pertanian (Kementan) secara bersama-sama dan berlanjut. Jaksa mengatakan pertimbangan hal meringankan tuntutan ringan Kasdi dan Hatta adalah keduanya tak menikmati hasil tindak pidana kasus pemerasan tersebut.

Baca Juga: Terbukti Terima Suap Rp 927 Juta, Eks Kajari Bondowoso Divonis 7 Tahun, Eks Kasipidsus 5 Tahun

SYL juga dituntut dengan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan serta harus membayar uang pengganti Rp 44.269.777.204 dan USD 30 ribu. Sementara itu, Kasdi dan Hatta masing-masing juga dituntut dengan denda Rp 250 juta subsider 3 bulan kurungan. erc/jk/rmc

Editor : Raditya Mohammer Khadaffi

BERITA TERBARU