Baznas Provinsi Jatim Siap Membantu Petani Gedangrowo Berinovasi

Panen padi raya di tengah lahan persawahan Desa Gedangrowo. SP/Hikmah

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Petani yang tergabung dalam Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Kab Sidoarjo dituntut untuk terus melakukan inovasi guna meningkatkan kemajuan usaha pertanian terutama di tengah lahan pertanian yang semakin menyempit saat ini. Hal tersebut diungkapkan dalam kegiatan Panen Padi Raya yang digelar di tengah lahan persawahan Desa Gedangrowo, Kamis (24 Maret 2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Baznas Provinsi Jatim, Dirut PT Djoyo Mulyo , Anggota DPRD Provinsi Jatim, Dinas Pangan dan Pertanian, Kepala Desa Gedangrowo seluruh Gapoktan Sidoarjo dan para undangan.

Kepala Gapoktan Kabupaten Sidoarjo yang juga Kepala Desa Gedangrowo mengatakan, Desa Gedangrowo mayoritas lahan pertaniannya masih utuh. “Oleh sebab itu petani memiliki kemampuan meningkatkan inovasi dan teknologi, bagaimana caranya lahan yang semakin sempit bisa menghasilkan produksi yang tinggi,” ungkap Kades Gedangrowo.

Direktur Agro Djoyo Mulyo, Distributor tunggal Frensoil, juga menyampaikan, Frensoil  merupakan pembenah tanah Organik. "Jadi melalui teknologi Frensoil ini yang merupakan gabungan ilmu fisika biologi dan pertanahan, kami akan mengembalikan kejayaan dan keutuhan ketahanan pangan bangsa Indonesia terutama produksi pertanian yang harus ditumbuh kembangkan oleh Pemerintah,” jelas Edy.  

Lebih Lanjut Ketua Baznas Provinsi Jawa Timur, Drs KH Roziqi  MM, sangat mengapresiasi kegiatan dan pertemuan yang digagas oleh Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo  yang bekerja sama dengan Frensoil ini, “Kami selalu siap untuk membantu pembibitan demi memajukan para petani dan Gapoktan yang ada di desa Gedangrowo sampai sukses bahkan untuk para duafa. Agar kehidupan lebih baik dan semakin sejahtera. Kita berharap bantuan tidak hanya konsumtif saja. Mari kita sharing sampai  mengembangkan usaha para petani lebih maju lagi agar kehidupan para petani lebih makmur,” ungkap Abah Roziqi.

Ditempat yang sama Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Fraksi Golkar Adam Rusydi S.Pd , juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa Gedangrowo yang mana mau di jadikan projek semacam percontohan untuk kemajuan dalam hal pertanian. “Kami berharap dengan adanya bantuan benih dan pupuk yang bagus ini, tanaman padi jadi baik dan hasil panen meningkat sehingga para petani bisa sejahtera,” harap Adam Rusdi. Hik