Vaksinasi Pelajar di Surabaya Ditarget Rampung Oktober

Percepatan vaksinasi kepada anak-anak terutama usia 12 tahun ke atas ditarget selesai bulan Oktober . SP/CAH

SURABAYAPAGI, Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya semakin gencar melakukan vaksinasi covid-19 untuk warga, khususnya vaksinasi kepada anak-anak terutama usia 12 tahun ke atas. Menyusul pembelakaran tatap muka (PTM) di Kota Pahlawan akan segera digelar.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menargetkan vaksinasi Covid-19 untuk pelajar di wilayahnya rampung pada bulan Oktober 2021. Ia berharap stok vaksin dari pemerintah terus datang untuk mempelancar program vaksinasi pelajar.

"Targetnya semoga bulan depan bisa 100 persen. Tapi kalau saya berharap akhir bulan ini sudah bisa 100 persen," kata Wali Kota Eri Cahyadi di Surabaya, kemarin.

Eri berharap, vaksin dari pemerintah pusat terus datang sehingga pihaknya bisa segera melakukan vaksinasi pelajar baik secara massal maupun dilaksanakan di sekolah-sekolah. Menurut Eri, pelaksanaan vaksinasi selama ini telah dilakukan di beberapa sekolah di Kota Surabaya. 

Namun, karena keterbatasan stok vaksin membuat pelaksanaan vaksinasi tidak dapat dilakukan di semua sekolah. "Vaksin dibagi-bagi per wilayah. Memang tidak bisa menyentuh semua. Kalau nanti vaksin tersedia akan fokuskan ke anak-anak sekolah," kata Eri.

Ketua Komisi D Bidang Kesra dan Pendidikan DPRD Surabaya Khusnul Khotimah sebelumnya menekankan pentingnya percepatan vaksinasi di kalangan pelajar sebelum dilaksanakannya pembelajaran tatap muka (PTM) di Surabaya. Hal ini, lanjut Khusnul, pelaksanaan vaksinasi terhadap siswa di Surabaya hingga saat ini belum tuntas. Untuk itu, ia meminta melakukan percepatan vaksinasi kepada anak-anak terutama usia 12 tahun ke atas.

"Memang beberapa sekolah siswa-siswinya sudah divaksin, tapi masih banyak sekolah negeri maupun swasta yang masih menunggu vaksinasi," ujarnya.sb1/na