Bupati Lamongan Fadeli saat gowes Jum'at, (2/2/2018) pagi keliling kota, memastikan kampanye konservasi air berjalan. (SP/MUHAJIRIN KASRUN)

 

 

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Jum'at (2/2/2018) pagi, Bupati Lamongan Fadeli didampingi para kepala OPD dan lurah, bersepeda angin keliling kota meneruskan kebiasaaanya, mengawal langsung sejumlah program penting yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya adalah di bidang lingkungan hidup.

Fadeli sengaja memilih bersepeda sehingga bisa mengetahui secara detail apa yang kurang, dan apa yang harus segera dilakukan. "Saya suka seperti ini, bisa ngobrol langsung dengan warga, dalam suasana santai. Sehingga mereka juga termotivasi untuk turut peduli dengan lingkungannya," ujarnya. 

Disebutkan olehnya, pihaknya selalu mendorong masyarakat untuk membentuk Lingkungan yang hijau, teduh dan nyaman. Karena dengan lingkungan yang tenduh, tentunya akan memberi energi positif bagi siapa saja yang tinggal disana.

Soal kenyamanan dan keteduhan itu lanjutnya, dia kemudian mencontohkan pemanfaatan tanaman merambat di pergola. Selain indah, juga bisa memberikan keteduhan lingkungan.

Pergola ini bisa ditanami berbagai tanaman merambat. Termasuk, anggur, markisa atau berbagai jenis bunga seperti air mata pengantin, alamanda dan melati kosta.

Dia juga menekankan, meski Lamongan sudah sepuluh kali meraih Adipura, bukan berarti berhenti untuk peduli dengan lingkungn. "Penghargaan itu hanya tujuan antara. Terpenting adalah menanamkan budaya peduli lingkungan hidup pada masyarakat," katanya menambahkan.

Di bidang lingkungan hidup, Lamongan tercatat sudah 10 kali meraih Adipura. Itu termasuk 2 Adipura Kecana dan 1 Adipura Kirana.

Sementara disampaikan terpisah oleh Kabag Humas dan Protokol Agus Hendrawan, Program Lamongan Green and Clean (LGC) tetap menjadi andalan untuk membudayakan kepedulian lingkungan hidup pada masyarakat.

Untuk tahun ini, LGC diharapkan bisa membuat masyarakat Lamongan Menabung Air. "Pengelolaan sampah dan penghijauan tetap menjadi titik tekan LGC. Namun tahun ini masyarakat juga diarahkan untuk terbiasa melakukan konservasi air tanah. Salah satunya dengan memperbanyak penampungan air dan sumur resapan," pungkasnya.jir