Bhabinkamtibmas Bripka Purnomo saat berikan santuan baju koko ke seorang pengemis di Pasar Babat Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.com,  Lamongan - Aksi sosial yang dilakukan oleh Purnomo
seorang Polisi yang bertugas sebagai Lantas di Polsek Babat terus berlanjut.  Selain gemar ikut membedah rumah warga miskin,  Polisi berpangkat Bripka ini terus menebar kasih sayang kepada siapa saja,  seperti yang dilakukan pada Minggu (4/2).
 
Ia bersama dengan anggota lainnya menggelar operasi  gelandangan dan pengemis (Gepeng) di Pasar Babat Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Dalam operasi itu,  dia berhasil mengamankan sejumlah Gepeng.  Namun para Gepeng yang berhasil diamankan malah diperlakukan cukup baik. 
 
Selain dibina,  para gepeng oleh Polisi yang  bertugas sebagai Bintara Pembina Ketertiban dan Keamanan Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kelurahan Banaran ini,  penanganannya sangat berbeda dengan yang pada umumnya. 
 
Setelah berhasil mengamankan para Gepeng, ia memberi makan nasi bungkus dan memberikan baju koko (muslim red) .“Tujuan kegiatan ini adalah untuk berbagi ke gelandangan dan pengemis yang setiap hari berada di sekitar Pasar Babat,"ujarnya. 
 
Menurutnya, diharapkan nasi bungkus yang diberikan ke para gepeng tersebut dimakan untuk memenuhi kebutuhan makan siang. “Sengaja kita berikan nasi bungkus tersebut saat waktunya makan siang, sehingga para gepeng tidak lagi harus membeli nasi makan siangnya,"ungkap Purnomo.
 
Sedangkan untuk  baju koko, dan mukena bagi gepeng perempuan,  diharapkan dapat dipakai saat mereka menjalankan sholat.“Pada gepeng-gepeng itu, kita juga berharap mereka mencari pekerjaan  yang lebih layak untuk memenuhi kebutahan sehari-harinya. Tentunya semua itu butuh proses,” tegasnya serius.
 
Ia menambahkan,  kalau pakaian sholat dan nasi bungkus tersebut dibeli dengan uang perolehan sisa hasil usaha dari Koperasi Polres Lamongan yang didapat  tahun ini.“Meskipun jumlahnya  tidak besar  tapi kita mencoba agar uang tersebut bermanfaat  mensport para gepeng untuk  berubah menjadi lebih baik  dan beralih ke pekerjaan lain untuk memenuhi kebutuhan keluarganya,"pungkasnya. jir