Ilustrasi Bangun Pagi

SURABAYAPAGI.com - Ketika alarm berbunyi tanda untuk bangun pagi, tak jarang sebagian orang menekan tombol tunda untuk memberi waktu istirahat lebih panjang. Namun demikian, hal ini sebenarnya akan berpengaruh terhadap aktivitas sepanjang hari.

Bangun pagi ternyata membawa sejumlah manfaat untuk aktivitas sepanjang hari. Meski terdengar berat, bangun pagi akan membuat Anda lebih produktif. Seperti apa manfaat tersebut? Berikut ulasannya :

1. Anda dapat melakukan latihan fisik

Ketika bangun pagi, mungkin tubuh Anda akan terasa lemas dan tidak bergairah. Hal ini karena ketika tertidur, organ seperti jantung, paru-paru, otak, dan sistem pencernaan tetap bergerak. Dengan melakukan latihan fisik, Anda akan mengawali hari dengan semangat yang baru.

Selain itu, kebiasaan olah fisik di pagi hari dipercaya dapat meningkatkan mood dan produktivitas Anda. Meski tampak berat, melakukan latihan fisik akan memberikan energi dan membuat Anda merasa lebih santai.

2. Anda dapat menyantap sarapan sehat

Ketika terlambat bangun pagi, Anda akan cenderung mengonsumsi sarapan cepat saji. Mengawali hari dengan menyantap sarapan siap santap tentunya kurang baik bagi kesehatan.

Ditambah lagi, berdasarkan survei yang dilakukan di Northwestern University tahun 2011, mereka yang kerap tidur larut malam cenderung untuk mengonsumsi 248 kalori lebih banyak dalam sehari.

Oleh sebab itu, dengan bangun pagi, Anda dapat menyiapkan sarapan sehat dengan protein tinggi. Hal ini akan memicu gairah baru dalam hidup Anda sepanjang hari.

3. Bangun pagi membuat mood lebih baik

Membuka mata dengan sambutan sinar matahari pagi tentu akan membuat disposisi Anda menjadi lebih cerah. Bangun pagi dipercaya dapat membuat tubuh lebih sehat karena jam internal mereka selaras dengan terbit dan terbenamnya sinar matahari.

4. Bangun pagi dapat mengurangi rasa cemas

Saat membuka mata lebih awal di pagi hari, Anda akan menikmati waktu yang lebih tenang dan damai untuk membuat perencanaan aktivitas sepanjang hari. Hal ini dapat menenangkan pikiran dan membuat Anda memiliki perencanaan yang baik.

Selain itu, saat bangun pagi, Anda dapat melakukan meditasi untuk memberi dorongan mental, meringankan kecemasan, meningkatkan keterampilan dalam penalaran, dan membantu menjaga relasi dengan orang di sekitar.

5. Anda dapat tampil lebih segar sepanjang hari

Bangun lebih pagi tentunya akan membuat Anda menjadi lebih segar. Hal ini karena Anda dapat mempersiapkan semua hal terkait penampilan, seperti menyetrika seragam kerja, menata rambut, menggunakan make up, dan sebagainya.

6. Anda akan lebih produktif

Dengan bangun pagi, Anda dapat memulai aktivitas lebih awal dibandingkan rekan kerja. Anda tidak perlu khawatir akan hal ini, karena mengawali aktivitas lebih awal dapat membuat Anda menghindari hiruk pikuknya suasana pagi hari.

Dengan demikian, Anda dapat mengawali hari dengan melakukan pekerjaan dengan lebih efektif, dan Anda akan lebih produktif dalam beraktivitas.

7. Anda dapat menghindari keramaian

Permasalahan di kota besar adalah kemacetan saat melakukan perjalanan menuju kantor. Hal ini tentu akan merusak mood Anda dalam bekerja ketika mengalaminya. Oleh sebab itu, dengan bangun lebih awal, Anda dapat berangkat ke tempat kerja lebih awal, dan terhindar dari hiruk pikuk suasana kemacetan kota besar. (lp/cr)